Sains Membuktikan Kebenaran Al Quran

Al Quran mengandung hikmah dan obat bagi segala penyakit hati. Beberapa orang diberikan Allah hidayah karenanya, dan kebenaran terkuak dari dalamnya.



Air laut tawar dan asin

Seorang penyelam asal Perancis, Jacques Yves Costeau sepanjang hidupnya menyelam ke berbagai dasar samudra di dunia.  Ahli kelautan (oceanografer) dan ahli selam terkemuka itu membuat film dokumenter tentang kehidupan alam bawah laut dan ditonton jutaan pemirsa dunia dalam acara Discovery.

Suatu saat ia menemukan fenomena ganjil, yaitu adanya air tawar di tengah lautan yang tidak bercampur dengan air laut yang asin, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Ia akhirnya bertemu dengan seorang profesor muslim yang menyampaikan bahwa fenomena ganjil tersebut telah disampaikan dalam Alquran surat Al Furqon ayat 53 dan Ar Rahman ayat 19 dan 20.

Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. QS Al Furqon 53

Dan dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. Ar Rahman 19-20.

Costeau menyadari kebenaran Al Quran yang telah diturunkan Allah SWT. Ia berpikir tak akan mungkin seorang Rasullullah SAW  yang hidup pada abad ketujuh setelah Masehi mengetahui hal ini jika tidak diberi hidayah Allah melalui Al Quran. Ia akhirnya menjadi seorang muslim.

Api dalam perut bumi

Bumi yang kita tempati adalah planet berbentuk bola raksasa. Bagian luar berupa tanah dan batuan mempunyai rapat kira-kira 3 gram/cc. Makin jauh ke dalam bumi makin besar angka kerapatannya dan makin tinggi temperaturnya.

Sekitar 50 km ke dalam dari permukaan bumi temperaturnya mencapai kira-kira 1500 derajat celsius dengan kerapatan 3,5 gram/cc. Pada jarak 3000 km dari permukaan bumi, kerapatan 9,7 gram/cc dengan suhu 5000 derajat celsius. Bagian ini disebut teras bumi. Pada pusat bumi kerapatannya akan bertambah lagi yaitu sekitar 13 gram/cc dan suhunya ditaksir mencapai 7000 derajat celsius.

 Dan laut yang di dalam tanahnya ada api. QS At Thur 6

Pada saat bumi memuntahkan seluruh isinya  yang panas dan berat itu, akan mengakibatkan kehancuran dan kemusnahan semua kehidupan di atas permukaan bumi. Itulah hari kiamat. Mengenai isi bumi itu Allah memberitahukannya dalam Al Quran:

Jika bumi digoncangkan dengan sehebat-hebatnya dan bumi mengeluarkan isi-isinya yang berat. QS Al Zalzalah 1-2

Dan jika bumi diulurkan (dikembangkan) dan bumi memuntahkan isi-isinya, dan menjadi kosonglah ia. QS Al Insyiqaaq 3-4

Pasang-pasangan di bumi

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal adanya pasangan, seperti jantan betina, siang malam, dan lain-lain sehingga segala sesuatunya menjadi harmonis. Penelitian manusia terhadap zarah elemeter yang merupakan batu penyusun benda-benda, ternyata juga dijumpai adanya pasang-pasangan.

Menurut fisika atom atau fisika inti, telah ditemukan pasang-pasangan yang sangat menggemparkan para ahli. Pasangan itu seperti elektron dan positron.  Proton dan anti proton, neutron dan anti neutron. Berbagai zarah dan anti zarah lainnya masih bisa ditemukan, artinya selain materi ada anti materi. Adanya inti atom disamping atomnya.

Maha suci Allah yang menjadikan semua berpasang-pasangan dari yang ditumbuhkan bumi, dan dari diri mereka sendiri serta dari hal-hal yang tidak mereka ketahui. QS Yasin 36

Dan dari segala sesuatu Kami jadikan berpasang-pasangan, mudah-mudahan kamu ingat. QS Adz Zaariyat 49

Relativitas waktu

Pada tahun 1905, seorang sarjana fisika Albert Einstein, telah mengejutkan sarja fisika lainnya di dunia dengan teori relativitas. Teori ini merupakan pemecahan terhadap berbagai-bagai persoalan penting yang dihadapi pada ahli fisika abad 20.

Melalui teori ini, orang mengetahui tentang kesetaraan massa dan tenaga, yang merupakan dasar dalam perhitungan tenaga nuklir, dan juga orang mengetahui bahwa besarnya massa, ukuran panjang dan waktu adalah relatif, tergantung pada kecepatan sistemnya. Pengaruh kecepatan ini akan sangat terasa sekali bila sangat tinggi mendekati kecepatan cahaya.

Menurut teori relativitas, kecepatan cahaya dalam ruang hampa  (300 ribu km per detik) adalah kecepatan maksimum yang tak dapat dilampaui materi. Massa suatu benda akan bertambah besar bila kecepatan makin tinggi, sedangkan ukuran panjangnya akan menyusut, dan waktu akan bertambah lambat.

Jadi, satu jam bagi sesuatu atau sistem yang bergerak sangat cepat terhadap kita, mungkin sama dengan satu hari, atau satu bulan, atau satu tahun menurut ukuran kita.

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian urusan itu naik kepadaNya dalam  satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu. QS AsSajdah 5

Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu  adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.
 Al Hajj 47

Gunung Berjalan

Rekaman satelit memperlihatkan jazirah Arab beserta gunung-gunungnya bergerak mendekati Iran beberapa sentimenter setiap tahunnya. Sebelumnya, sekitar lima juta tahun lalu, jazirah Arab bergerak memisahkan diri dari Afrika dan membentuk laut Merah. Sekitar daerah Somalia sepanjang pantai timur ke selatan saat ini berada dalam proses pemisahan yang lamban dan telah membentuk Lembah Belah yang membujur ke selatan melalui deretan danau Afrika.

Kamu lihat gunung-gunung, kamu sangka ia tetap ditempatnya, padahal ia berjalan sebagaimana jalannya awan. Begitulah perbuatan Allah, yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. 
QS An Naml ayat 88

Kejadian Alam Semesta

Observasi Edwin P Hubble (1889-1953) melalui teropong bintang raksasa pada 1929 menunjukkan adanya pemuaian alam semesta. Ini berarti alam semesta berekspansi, bukannya statis seperti dugaan Einstein. Ekspansi itu menurut fisikawan Rusia George Garrow (1904-1968) melahirkan sekitar seratus miliar galaksi yang masing-masing rata-rata memiliki 100 miliar bintang. Tetapi sebelumnya bila ditarik ke belakang kesemuanya  merupakan satu gumpalan yang terdiri dari neutron. Gumpalan itulah yang meledak dan dikenal dengan istilah Big Bang.

Tidakkah orang-orang kafir memperhatikan bahwa langit dan bumi tadinya merupakan satu yang padu (gumpalan), kemudian Kami memisahkannya dan Kami jadikan dari air segala sesuatu yang hidup. Maka mengapa mereka tidak juga beriman? QS An Nabiya 30.

Alhamdulillah

Ayat Terakhir dibaca Khalifah Abu Bakr ra


Saat terbaring sakit dan menghadapi sakaratul maut, Khalifah Abu Bakar ra ditemani putrinya tercinta, Aisyah. Putrinya begitu berbakti merawat dan menjaga sang ayah di akhir hidupnya.

Abu Bakr ra adalah seorang yang lemah tubuhnya, namun kuat imannya. Begitu halus hatinya, dan sangat mudah menitikkan air mata. Walaupun segera berhadapan dengan maut, sahabat tercinta Rasulullah SAW itu masih sempat berpesan pada Umar bin Khatab ra, agar kematiannya jangan sampai mengganggu kepentingan kaum muslimin.

Menunggui ayah tercinta di sisinya, Asiyah teringat sajak Hatim dan berkata padanya, “Demi hidupmu, harta kekayaan tiada guna. Bila sakaratul sudah tiba, nafas sudah sesak di dada.”

Mendengar itu,  Abu Bakr  ra berkata, “Bukan begitu Ummulmukminin, tetapi…, ” beliau lalu mengucapkan ayat Al Quran surah Qaf 19, “… dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari darinya.”

Terasa semakin berat sakit yang dirasakannya. Kepalanya telah layu tersandar, Abu Bakr mengucapkan beberapa bait,

Setiap yang punya unta akan diwariskan dan setiap barang rampasan akan dirampas. Setiap yang kehilangan akan kembali, tetapi hilang dengan kematian tak akan kembali.”

Usai berucap itu, pada detik-detik terakhir hidupnya, Abu Bakr ra mengucapkan, 

Tuhan… ambillah nyawaku sebagai orang yang berserah diri (Islam) dan tempatkanlah aku bersama orang-orang sholeh.”  QS Surat Yusuf 101

 Abu Bakr ra wafat pada hari Senin malam, 21 Jumadil Akhir 13 H, dalam usia 63 tahun. Ia wafat sore setelah terbenam matahari dan dimakamkan pada malam itu juga. Semoga Allah menerima doa beliau, semoga Allah memberkatinya.


Rewrite dari buku Abu Bakr As-Siddiq karya Muhammad Husain Haekal
*Alhamdulillah

Ilmu Pengetahuan dalam Ayat Al Quran



Tafakur mengenal Allah salah satunya dengan mengenal ciptaanNya. Al Quran memberi beberapa petunjuk ladang ilmu pengetahuan yang bisa dikembangkan.

Kosmologi, mempelajari kejadian alam.

Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan mereka adalah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. QS An Naml 56

Astronomi, memperhatikan peredaran tata surya dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Demi langit yang mempunyai gugusan bintang. QS Al Buruj 1

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. QS Ali Imran 190

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas. QS Al Isra 12

Dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebesaran (Kami) kepada orang-orang yang mengetahui. QS Al An Aam 97

Antropologi, melihat cara manusia hidup dan bersosialisasi dari waktu ke waktu.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu menjadi manusia yang berkembang biak. Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya, ialah Dia menciptakan istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. QS Ar Rum 20-21

Psikologi, melihat jiwa manusia dan wataknya.

Dan ji wa serta penyempurnaannya, maka Allah mengilhamkan jiwa itu jalan kefasikan dan ketakwaan, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya. QS Asy Syams 7-10

Zoologi, mempelajari hewan dan tabiatnya, mengolah dan memanfaatkannya bagi keperluan manusia.

Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu, padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan. Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan. Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan Dia menciptakan kuda, bagal (peranakan kuda jantan dan keledai betina) dan keledai agar kamu menungganginya dan menjadikannya perhiasan.  Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. QS An Nahl 5-8

Botani, mempelajari tumbuh-tumbuhan.

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. QS An Nahl 11

Dan di bumi ini terdapat bagianbagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya yang demikian itu terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir. QS Ar Rad 4

Geografi, mempelajari tentang bumi.

Dan bumi bagaimana ia dihamparkan. QS Al Ghosiyah 20

Meteorologi, mempelajari cuaca sebagai bukti kekuasaan Allah.

Dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkanNya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya, dan pada perkisaran angin terdapat pula tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal. QS Al Jasiyah 5

Dan Dia lah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan), sehingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. Qs  Al Araaf 57

Oceanografi, mentadaburi ciptaan Allah di lautan yang luas.

Dan laut yang didalam tanahnya ada api. QS At Thur 6

Dan ingatlah ketika Kami membelah laut untukmu, lalu Kami selamatkan kamu dan Kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya, sedang kamu sendiri menyaksikan. QS Ql Baqarah 50

Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan yang berasal dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan, dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepadaNyalah kamu akan dikumpulkan. QS Al Maidah 96

Allah lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu, dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendakNya, dan Dia telah menundukkan pula bagimu sungai-sungai. QS Ibrahim 32

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kekuasaan)Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. QS Luqman 31

Dan tiada sama (antara) dua laut, yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu dapat melihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karuniaNya dan supaya kamu bersyukur, Qs Al Fatir 12

Kimia, manifestasi dari Sunatullah untuk mencari kegunaannya bagi umat manusia.

Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu di sisiNya ada ukurannya. Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang tampak, Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi. QS Ar Rad 8-9

Ekonomi, memenuhi hajat manusia dalam kehidupan secara Islami.

Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah sebanyak-banyak supaya kamu beruntung. QS Al Munafiqun 10

Dan ingatlah ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman, “Pukullah batu itu dengan tongkatmu!” Lalu memancarlah darinya dua belas mata air. Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya masing-masing. Makan dan minumlah rezeki yang diberikan Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan. QS Al Baqarah 60

Dan berikanlah kepada anak yatim (yang sudah baliq) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu adalah dosa yang besar. AS An Nisa 2

Teknologi, mengambil hikmah dari ciptaanNya untuk menemukan kreasi baru yang bermanfaat bagi manusia.

Maha suci Allah yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. QS Ai Isra 1

Hai jamaah jin dan manusia jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan. QS Ar Rahman 33

Kedokteran, mengenal penciptaan manusia.

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati tanah, kemudian Kami jadikan sari pati itu air mani yang disimpan dalam tempat yang kukuh (rahim), kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami  jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka Suci Allah, pencipta yang paling baik. Qs Al Mu’minun 12-14

Dan Ilmu lain yang belum sampai pada tulisan ini. Wallahu’alam.
*Alhamdulillah



Waspadalah Segala Bentuk Thoghut


Thoghut artinya durhaka atau melampaui batas. Jadi semua perbuatan atau kepemimpinan yang melampaui batas dan menentang Allah SWT dan rasulNya dengan membuat aturan tandingan dan memaksakan aturan itu kepada hamba Allah lain dengan rayuan, paksaan, sampai penindasan.

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut itu. Dan setan bermaksud menyesatkan mereka dengan kesesatan yang sejauh-jauhnya. Qs An Nissa 60




Perbuatan-perbuatan thoghut:

- Mengusir  sampai membunuh.

Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya, “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, karena sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalanKu, dan yang dibunuh, pastilah akan kuhapuskan kesalahan-kesalahan mereka, dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisiNya pahala yang baik. QS Ali Imran 195

- Menyakiti.

Jika mereka menangkap kamu, niscaya mereka bertindak sebagai musuh bagimu dan mekepaskan tangan dan lidah mereka kepadamu dengan menyakitimu dan mereka ingin supaya kamu kembali kafir. QS Al Mumtahanah 2

- Menangkap dan memenjarakan.

Dan ingatlah ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanku, atau membunuhmu atau mengusirmu, Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya. QS Al Anfaal 30

- Melancarkan tipu daya.

Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya. QS Ali Imran 53

- Menebar makar.

Dan sesungguhnya mereka telah berbuat makar yang besar padahal di sisi Allah-lah balasan makar mereka itu. Dan sesungguhnya makar mereka itu amat besar sehingga gunung-gunung dapat lenyap karenanya. QS Ibrahim 46

- Menimbulkan keragu-raguan.

Apakah (ketidak-datangan mereka untuk dipanggil Allah dan RasulNya) dalam hati mereka ada penyakit, atau (karena) mereka ragu-ragu ataukah karena takut kalau-kalau Allah dan rasulNya berlaku zalim kepada mereka? Sebenarnya mereka itulah orang-orang yang zalim. QS An Nur 50

- Menyuruh berbuat keji dan munkar

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barang siapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang munkar. Sekiranya tidaklah karena karunia Allah dan rahmatNya kepada kamu sekalian, niscaya tak seorang pun dari kamu bersih selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendakiNya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. QS An Nuur 21

- Memalingkan manusia dari iman.

Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap kami, dan kalau sudah begitu, tentulah mereka mengambil kamu menjadi sahabat yang setia. QS Al Israa 73


Kekuatan Thoghut



Kepemimpinan thoghut (digambarkan seperti Firaun) akan selalu ditopang oleh tiga kekuatan besar:

Satu, hartawan atau konglomerat (digambarkan seperti Qorun).

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah), tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. 
QS Al Israa 16

Dua, Intelektual  (digambarkan seperti Haman)

Dan Firaun berkata, “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah, hai Haman, untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik dan melihat Tuhan Musa, dan sesungguhnya aku benar-benar yakin dia termasuk orang-orang pendusta.
 Qs Al Qasas 38

Tiga, Ulama Ussu (digambarkan layaknya Bai’am)

Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing, jika kamu menghalaunya, dia mengulurkan lidahnya, dan jika kamu membiarkannya, dia mengulurkan lidahnya juga. Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami. Maka ceritakanlah kisah-kisah itu agar mereka berpikir. QS Al Araaf 176


Ciri-ciri kehidupan duniawi thoghut disebut Al Quran:

Apakah kamu mendirikan pada tiap-tiap tanah tinggi bangunan untuk bermain-main? Dan kamu membuat benteng-benteng dengan maksud supaya kamu kekal di dunia? Dan apabila kamu menyiksa maka kamu menyiksa sebagai orang kejam dan bengis? QS AsySyuara 128-130


Apakah yang selalu ingin dilakukan oleh pasukan thoghut?

Berusaha mengembalikan orang-orang Islam menjadi kafir.
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menataati orang-orang yang kafir itu, niscaya mereka mengembalikan kamu ke belakang (kepada kekafiran), lalu jadilah kamu orang-orang yang rugi. QS Ali Imran 149

Menimbulkan mudarat.
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu, karena mereka tidak henti-hentinya menimbulkan kemudaratan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah kami terangkan kepadamu ayat-ayat Kami, jika kamu memahaminya. QS Ali Imran 118

Geram dan tidak menyukai beberadaan muslim.
Beginilah kamu, kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukai kamu, dan kamu beriman kepada kitab-kitab semuanya. Apabila mereka menjumpai kamu, kamu berkata, “Kami beriman”, dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujung jari lantaran marah bercampur benci terhadap kamu. Katakanlah, “Matilah kamu dengan kemarahanmu itu”. Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati. QS Ali Imran 119

Memperalat dan mengingkari Al Quran
Yaitu orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi tema-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah. Qs An Nissa 140

Mengolok-olok Al Quran
Bahkan mereka mengatakan, “Muhammad telah membuat-buat Al Quran itu.” Katakanlah, “Kalau demikian, maka datangkanlah sepuluh surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup memangglnya selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar.” QS Huud 13


Apakah yang harus dilakukan seorang muslim terhadap mereka?


Satu, tidak berkasih sayang dengan thoghut

Kamu tidak akan mendapati sesuatu kaum yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, saling berkasih sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan rasulNya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak, atau saudara-saudara, ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang Allah telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang dari-Nya. Dan dimasukkanNya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridho terhadap mereka dan mereka pun merasa puas terhadap limpahan rahmatNya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah bahwa sesungguhnya golongan Allah itulah yang beruntung. QS Al Mujadilah 22

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaanNya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, maka tunas itu menjadikan  tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya, tanaman itu menyenangkan hati penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. QS Al Fath 29

Dua, Tidak gentar dicela

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintaiNya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jkalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikanNya kepada siapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (pemberiannya) lagi Maha Mengetahui. QS Al Maidah 54

Tiga, Tidak duduk bersama mereka

Dan sungguh Allah telah menurunkan kepadamu di dalam Al Quran bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk berserta mereka sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena sesungguhnya (kalau kamu berbuat demikian), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan seluruh orangorang munafik dan orang kafir di dalam neraka Jahanam. QS An Nissa 140

Empat, Tidak bergaul dengan orang jahil

Dan apabila mereka mendengar perkataan yang tidak bermanfaat, mereka berpaling darinya dan mereka berkata, “Bagi kami amal-amal kami dan bagimu amal-amalmu, kesejahteraan atas dirimu, kami tidak ingin bergaul dengan orang-orang jahil.” QS Al Qasas 55

*Alhamdulillah

Tiga Pertanyaan Penting dalam Hidup

Apakah tiga pertanyaan penting dalam hidup? Satu, UNTUK APA HIDUPMU? Dua, BAGAIMANA CARA HIDUP? Tiga, UNTUK SIAPA HIDUP?


Jawabannya:

SATU, untuk apa hidup hidupmu? untuk menyembah Allah SWT.

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku.
 QS Az Zariyat 56


DUA, bagaimana cara hidup?  mengikuti Rasulullah SAW. Bukan hanya meniru cara hidup yang nampak dari segi fisiknya saja, tapi juga pemikiran dan pandangannya.

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu yaitu bagi orang-orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Qs AlAhzab 21.


TIGA, untuk siapa hidup? hidup untuk Allah SWT

Katakanlah,” Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan Semesta Alam Qs Al An’aam 162


Mengapa harus memikirkan semua pertanyaan itu?

Karena, hidup kita sangat pendek.  Buat apa buang-buang waktu untuk sesuatu yang tak penting?

Allah bertanya, “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab, “Kami tinggal di bumi sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.” Allah berfirman, “”Kamu tidak tinggal di bumi melainkan sebentar saja, kalau kamu mengetahui.”
Qs Al Mu’minun 112-114

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tak akan menyalahi janjiNya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu
Qs Al Hajj 47

Karena pendeknya hidup kita, kata kunci untuk menjalaninya adalah kesabaran. 

Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun. Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik
Qs Al Ma’arij 4-5

*Alhamdulillah


Ciri Muslim yang Sholeh



Almuslimu Sholihu, muslim yang sholeh, seperti apa cirinya?



Satu, harishul waqti, disiplin atau ketat menjaga waktu.

Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
 QS Al Ashr 1-3

Waktu bagai pedang begitu sabda Rasulullah SAW.  Perkara pentingnya waktu disebutkan Allah dalam Al Quran Surah Al Ashr 1-3. Supaya waktu dipergunakan dengan sempurna, yang harus dilakukan seperti, membina iman, memperdalam ilmu, memperbanyak amal sholeh, melaksanakan, memperjuangkan atau mempertahankan kebenaran , dan membangun kesabaran.

Dua, salimul akidah,  bersih akidahnya.

Akidah adalah perkara yang dibenarkan jiwa,  hati merasa tenang, serta menjadikan orang  yakin berbuat tanpa keraguan sedikit pun. Supaya terwujud akidah sumbernya harus benar, yaitu Al Quran, As Sunnah dan Ijma. Orang yang bersih akidahnya akan merasa merdeka, lepas dari penghambaan pada dunia/ thogut, mulia, tenang, aman, optimis, merasa barokah, berani, mendapatkan kepemimpinan dan tawakal.

“Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.”
 QS Al Mumtahanah  4

Tiga, shohihul ibadah, benar ibadahnya.

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan keta’atan kepadaNya dalam menjalankan agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus, dan yang demikian itulah agama yang lurus.  
QS Al Bayyinah 5

Syarat ibadah yaitu menjauhi thogut, ikhlas, memurnikan ketaatan, tidak musyrik.  Dr. Yusuf Qordhawi dalam Al Iman wal Hayah menyatakan:

Ibadah untuk Allah SWT adalah penaklukan diri terhadap hukum-hukumNya, disertai kerelaan jiwa dan penyerahan hati tanpa rasa keberatan ataupun keraguan sedikit pun, karena ia percaya dan yakin bahwa pengaturan Allah terhadap dirinya lebih baik daripada pengaturan sendiri terhadap dirinya. Dan sesungguhnya Allah SWT lebih sayang kepadanya daripada ayah ibunya sendiri dan sesungguhnya Allah SWT tahu tentang apa-apa yang dapat membaikkan dan mensucikannya.

Empat, mutsaaqotul fikri, cerdas berfikir atau luas wawasannya.

Perbedaan cara berpikir orang Islam dan kafir,  muslim menjadikan Allah SWT sebagai sumber kebenaran. Kebenaran bersifat axiomatis, berlaku universal dan up to date sepanjang masa. Sedangkan orang kafir menjadikan manusia sebagai pusat kebenarannya, makanya bersifat antropocentris, sektoral dan relatif.  Lantaran menjadikan Allah SWT sebagai  landasan kebenaran, muslim yang sholeh akan lebih cerdas dan kritis.

Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu  jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.
QS Al Baqarah 147

Lima, matiinul khuluqi, mulia akhlaqnya.

Iman sesorang akan melahirkan akhlaqnya. Akhlaq yang baik ditujukan kepada Allah SWT,  diri sendiri, manusia lain dan pada alam. “… dari Aisyah ra mengatakan, “Akhlaq Rasulullah SAW adalah Al Quran.” “Sebaik-baik  kamu adalah yang paling baik akhlaqnya” HR Buchari-Muslim.

Dia mengetahui apa yang ada di langit dan  di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. 
QS At Taghaabun 4

Selain lima ciri tadi, muslim yang sholeh juga memiliki ciri:

Enam, qowiyul jismi, kuat fisiknya.
Tujuh, munazomu ‘ala syu’ih, rapi dalam bekerja.
Delapan, mujaahidu linafsih, jihad terhadap diri sendiri.
Sembilan, qodirun ‘alal kasbi, mandiri.
Sepuluh, nafi’un lilghoir, bermanfaat bagi orang lain.


 Sumber bahan pengajian bersama ustad Abdurrochim Boesant, Menggapai Jalan Lurus

Ya Allah, aku ridho padaMu...



Orang-orang yang Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada Allah. Siapa orang-orang itu?


Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar 
dan orang–orang yang mengikuti mereka dengan baik, 
Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada Allah 
dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar.
QS At Taubah 100


Setidaknya ada tiga hal yang diterangkan Allah SWT dalam ayat tersebut:

  1. Orang-orang yang terdahulu. Mereka adalah golongan pertama yang masuk Islam pada jaman Rasulullah SAW. Mereka para sahabat, Muhajirin dan Anshar. Mereka merupakan orang-orang yang patut dijadikan contoh . Allah memberikan keutamaan kepada mereka.
  2. Orang-orang yang mengikuti  orang yang pertama masuk Islam. Orang yang mengikuti keteguhan dan keimanan para pendahulu, tak terbatas sampai  generasi ketiga setelah masa kepemimpinan Rasulullah SAW. Namun, siapa saja yang mengikuti Rasulullah dan mencontoh generasi pendahulu itu sampai sekarang. Allah pun akan memberikan keutamaan kepada merka seperti kepada orang-orang terdahulu.
  3. Orang-orang yang Allah ridho kepada mereka dan mereka pun ridho kepada Allah. Dua golongan yang telah disebutkan tadi, mereka merupakan orang-orang yang diridhoi Allah dan mereka pun ridho pada Allah.



Kita bisa menggapai ridho Allah dengan banyak cara. Misalnya, beristiqomah dalam agamaNya, berbakti kepada orang tua, berlaku ikhlas dalam segala hal, dan lain-lain. Tapi, apa bukti bahwa kita juga  ridho pada Allah?


Imam Syafii suatu kali pernah mendengar seorang pria berdoa, “Ya Rabb, apakah Engkau ridho padaku?”.
Imam Syafii bertanya kepadanya, “Apakah engkau sudah ridho pada Allah sehingga Allah ridho padamu?”
Si pria bertanya,” Bagaimana caranya aku ridho pada Allah sedangkan aku memohon ridho padaNya?”
Jawab Imam Syafii, “Jika engkau tetap rela pada Allah saat mendapatkan musibah seperti saat engkau rela mendapatkan nikmat. Maka engkau telah ridho pada Allah.”


Ridho pada suatu ketetapan Allah yang tidak disengani adalah derajat keyakinan tertinggi.
Kita tidak sadar menjadi tidak ridho pada Allah, karena manusia pada dasarnya suka berkeluh kesah.

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya, lalu dimuliakanNya dan diberiNya kesenangan, maka dia berkata, “Tuhanku  telah memuliakanku".
Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezkinya, maka dia berkata, “Tuhanku menghinakanku”.
Qs Al Fajr 15-16

Maka, apakah kita telah ridho pada Allah, supaya Allah ridho pada kita?

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridho terhadap mereka dan mereka pun ridho kepadaNya
Yang demikian itu adalah balasan bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Qs Al Bayyinah 7-8

Ya Allah, orang-orang itu… orang-orang yang Kau cintai itu, apakah saya akan bertemu dengan mereka nanti? Layakkah saya?

-----

Dari berbagai sumber. Huruf miring (hijau) adalah pendapat saya sendiri, mohon maaf jika ada kesalahan.

Alhamdulillah saya telah menuliskannya. Semoga berkah Allah kepada pembacanya.



Orang Muslim Tidak Merayakan Hari Valentine!



Saint Valentine’s day adalah perayaan gereja dimulai pada masa Paus Gelasius I 496 M.  Perayaan ini dilatar belakangi  tradisi menyembah dewa Romawi, upacara Lupercalia. The World Book Encyclopedia volume 20, menyebutnya sebagai rangkaian upacara pensucian masa Romawi Kuno.

 Upacara ini berlangsung setiap 13-18 Februari.  Dua hari pertama dipersembahkan untuk dewi cinta, queen of feverish love, Juno Februata.  Pada hari itu, para pemuda mengundi nama-nama gadis di dalam kotak. Setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk bersenang-senang dan objek hiburan

Pada 15 Februari mereka melakukan upacara untuk selamat dari gangguan srigala kepada dewa Lupercalia. Para pemuda mencambuk dengan kulit binatang dan wanita berebutan untuk dicambuk karena mereka menganggap dirinya akan menjadi lebih subur.

Saat kristen katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa kristiani. Misalnya, mengganti nama-nama gadis dengan nama Paus atau Pastor. Pendukungnya adalah Kaisar Constantine dan Paus Gregori I,  versi The Encyclopedia Britannica vol. 12.  Paus Gregori I akhirnya menjadikan tradisi romawi kuno Lupercalia sebagai perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St Valentine yang mati 14 Februari.


Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertanggungjawabannya.
Qs Al Israa 36


Tapi, siapa dan apa sebenarnya alasan St. Valentine mati 14 Februari tak pernah jelas.

Versi pertama,  (The Catholic Encyclopedia vol XV) mengatakan St. Valentine adalah yang menyatakan tuhannya yaitu Isa Al Masih dan menolak tuhan dewa Romawi. Ia ditangkap dan dipenjara oleh Kaisar Claudius II. Kemudian, orang-orang yang mendambakan doa Valentine menulis surat dan menaruhnya di terali penjara.

Versi Kedua, St Valentine adalah orang yang ditangkap Kaisar Claudius II karena diam-diam mengkawinkan para pemuda. Kaisar sendiri waktu itu melarang para pemuda kawin karena dianggap para bujangan akan lebih kuat dan tabah menjalani medan peperangan. St Valentine kemudian dihukum gantung 14 Februari.


Mereka (orang-orang kafir) berkata, "Allah mempunyai anak". Maha Suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah, semua tunduk kepadaNya. 
Qs Al Baqarah 116.  


Berkirim Kartu Valentine???


Mengirim kartu Valentine tak ada kaitannya dengan sejarah hari Valentine. Sejarah hanya menyebut (The Encyclopedia Britannica vol 12 dan The World Book Encyclopedia 1998), pada 1415 M, Duke of Orleans dipenjara di Tower of London saat mengenang St Valentine dan mengirim puisi kepada istrinya di Perancis. Geoffrey Chaucer, penyair Inggris mengaitkan pengiriman puisi itu (sekarang kartu Valentine)  dengan musim kawin burung.  

“Be My Valentine … “ adalah Kata-Kata Sirik

Kata Valentine berasal dari bahasa Latin berarti “Yang Maha Perkasa”, “Yang Maka Kuat”, “Yang Maha Kuasa”.  Kata ini ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, tuhan orang Romawi. Sebuah artikel ditulis Ken Sweiger dalam “Should Biblical Christians Observe it? “ (www.Korrnet.org. ) menyebut, disadari atau tidak, saat menyebut ungkapan “be my valentine” berarti meminta orang itu menjadi tuhannya.

Adapun cupid (berarti desire), si bayi bersayap dengan panah adalah putra Nimrod “the hunter” dewa Matahari. Tuhan Cinta sebutannya karena tampan dan diburu wanita. Bahkan ia berzina dengan ibunya sendiri.

Semua perayaan Valentine bersumber dari kepercayaan paganisme, menyembah dewa-dewa orang Romawi. Tak ada kaitannya dengan kasih sayang.  Semata untuk menyembah berhala orang Romawi dan penghormatan pada pastor.


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpinmu, sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin,  maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. 
QS Al Maidah 51

-----

Referensi: Buku "Ada Apa dengan Valentine's Day?", Yayasan Al Sofwa, Februari 2013

Perkataan Orang yang Rela Mati Demi Allah SWT



Allah SWT menjelaskan betapa tinggi derajatnya orang yang rela berkorban jiwa dan harta mereka di jalanNya . Allah menghargai keteguhan dan keberanian hati mereka,  meskipun mendapat tekanan dan ditakut-takuti. Pahala bagi mereka yang berkorban demi Allah dan Rasulnya begitu besar seperti dijelaskan dalam Al Qur an surat Ali Imran berikut: 


Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki.

Mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikanNya kepada mereka dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. 

Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman. 

Yaitu orang-orang yang mentaati perintah Allah dan RasulNya sesudah mereka mendapat luka dalam peperangan (Uhud). Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar.

Yaitu orang-orang yang mentaati Allah dan Rasul, yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, "Sesungguhnya manusia (maksudnya orang Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi pelindung kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung." 
QS Ali Imran 169-173


Dan jika mereka berpaling maka ketahuilah bahwasannya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.
Qs Al Anfaal 40

Jika mereka berpaling dari keimanan maka katakanlah, 
 "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan Selain Dia. Hanya kepadaNya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Asry yang agung."
Qs At Taubah 129


----- 

Berhijab Bukanlah Suatu Tren

Berhijab Bukanlah Suatu Tren





Banyak sekali gaya berbusana dan berjilbab muslimah yang bermunculan akhir-akhir ini, sampai-sampai dikatakan berhijab sedang menjadi tren. Bagaimana bisa dikatakan berhijab itu sebuah tren padahal Allah telah menurunkan perintah dalam Al Quran kepada wanita muslim untuk berhijab ratusan tahun lalu? Lantas jika tren itu berlalu, apakah berhijab akan ditinggalkan?



Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
 Qs Al Ahzab 59


Sebagian besar wanita muslim berhijab pasti telah mengetahui perintah Allah dalam ayat di atas.  Perintah Allah tersebut  tak menjadikan suruhan berhijab sebuah tren yang baru muncul akhir-akhir ini saja. Sudah sejak ratusan tahun lalu wanita muslim berbeda gaya pakaiannya dengan wanita musryik dan itu tak akan pernah berubah.


Seperti apa petunjuk Allah kepada wanita beriman?


Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan terhadap wanita, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan, janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” 
Qs An Nuur 31

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu, dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan RasulNya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. QS Al Ahzab 33.


Tata Cara Berbusana Muslimah

“Dan dari Abu Hurairah ra berkata, sabda Rasulullah SAW: “ Ada dua golongan ahli neraka yang aku belum pernah melihatnya, yaitu kaum lelaki memegang cemeti bagaikan ekor sapi dipukulkan pada orang lain, dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, serong menyerongkan, kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring. Mereka tidak bisa masuk sorga, padahal bau sorga itu sebenarnya dapat dirasakan dari jarak sekian… sekian.” Hadist riwayat Ahmad dan Muslim.

Keterangan hadist di atas seperti ditulis Ibrahim Muhammad Al Jamal dalam bukunya Fiqih Wanita diterjemahkan oleh Anshori Umar Sitanggal penerbit CV Asy Syifa Semarang, 1981, adalah:

  • Kata-kata berpakaian tapi telanjang maksudnya, mau menikmati anugrah Allah tapi enggan mensyukurinya. Ada juga yang mengartikan, menutupi sebagian tubuhnya dan membiarkan sebagian yang lain terbuka biar kecantikannya dilihat orang, berarti mereka telanjang juga. Ada juga yang mengartikan, memakai pakaian tipis sehingga kulitnya tetap kelihatan. Atau, berpakaian tetapi terlalu ketat.
  • Kata-kata serong menyerongkan, serong maksudnya tak sudi memelihara apa yang diperintahkan Allah memeliharanya. Menyerongkan maksudnya, mengajak wanita lain meniru perbuatannya. Ada juga yang mengartikan, berlenggak-lenggok jalannya. Atau ada yang mengartikan berjalan meniru tingkah laku pelacur.
  • Kata-kata kepala mereka seperti punuk-punuh unta, maksudnya mereka mengatur kepala mereka sedemikian rupa dengan kerudung, ikat kepala atau lainnya yang menarik sehingga orang tertawan melihatnya. “Al Bukht” adalah unta Khurasan dengan punuk yang tinggi, yaitu gambaran wanita yang menyasak rambut kepalanya tinggi-tinggi.

Kesimpulannya, pakaian wanita muslimah wajib memiliki sifat:
  •          Menutupi seluruh badan selain yang dikecualikan, yakni wajah dan dua telapak tangan.
  •          Tidak ketat sehingga masih menampakkan bentuk tubuh yang ditutupinya.
  •          Tidak tipis temaram sehingga warna kulit masih bisa dilihat.
  •          Tidak menyerupai pakaian lelaki.
  •          Tidak berwarna mencolok sehingga menarik perhatian orang.
  •          Tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
  •          Dipakai bukan dalam rangka pamer.

Wanita berhijab dalam rangka bertakwa pada Allah SWT. Bukan karena meniru orang lain, bukan karena diperintah orang lain, bukan karena tren, bukan karena ingin pamer pada orang lain. Allah menyukai keindahan tapi Allah tak menyukai sesuatu yang berlebih-lebihan sehingga menjadi sombong.


Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap memasuki masjid. Makan dan minumlah dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan
Qs Al A’raaf 31



Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan,  dan pakaian takwa itulah yang paling baik, yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. 
Qs Al A’raaf 26

----- 

Kalimat dalam huruf miring (hijau) adalah pendapat saya pribadi, mohon maaf jika ada kesalahan. Wallahu’alam.