Kisah Sahabat Rasulullah SAW 40: Umeir bin Wahab



Umeir bin Wahab adalah seorang Quraisy yang memerangi Islam di perang Badar. Ia diutus untuk memata-matai tentara muslimin dan memperkirakan kekuatan pasukan waktu itu hanya 300 orang.

Para pembesar jahiliyah bertanya padanya apakah di belakang pasukan muslimin ada bala bantuan.

Umeir menjawab, "Aku tidak melihat apa-apa lagi di belakang mereka, tetapi wahai kaum Quraisy, aku bisa membayangkan pusara yang menganga di depan mereka. Mereka itu kaum yang tidak mempunyai pertahanan dan perlindungan kecuali pedang mereka sendiri. Demi Allah, tidak mungkin salah seorang di antara kita sebagai imbalannya. Maka apabila jumlah kita yang tewas sama dengan jumlah mereka, kehidupan mana lagi yang lebih baik setelah itu? Nah, cobalah kamu pikirkan baik-baik."

Kata-kata Umeir bin Wahab cukup mempengaruhi pemikiran para pembesar Quraisy. Abu Jahal pun tidak henti-hentinya memanaskan suasana dengan penuh kebencian agar perang segera dilaksanakan. Ternyata api peperangan yang disulut Abu Jahal membakar dirinya sendiri dan ia tewas di perang Badar.

Orang Mekah sering memanggil Umeir bin Wahab dengan sebutan jagoan Quraisy. Namun, usaha sang jagoan ini di perang Badar kalah telak. Umeir terpaksa meninggalkan anaknya yang kemudian tertawan di Madinah oleh pasukan muslim.

Rencana Buruk

Umeir bercakap-cakap dengan pamannya, Shafwan bin Umaiyah, mengenai kebencian mereka kepada kaum muslimin. Shafwan sendiri kehilangan ayahnya, Umaiyah bin Khalaf, di perang Badar, dimana tulang belakang mayat ayahnya terkubur di sebuah sumur tua.

Mereka kemudian memanggil Urwah bin Zubeir. Shafwan berkata: "Demi Allah, tak ada lagi gunanya hidup kita setelah peristiwa itu."

Umeir berkata, "Kau benar dan demi Allah, kalau karena utang yang belum sempat kubayar dan keluarga yang kukhawatirkan akan tersia-sia sepeninggalku, niscaya aku berangkat mencari Muhammad untuk membunuhnya! Aku mempunyai alasan kuat untuk berbicara dengannya, akan kukatakan bahwa aku datang untuk membicarakan anakku yang tertawan itu."

"Biarlah aku yang menanggung utangmu, akan kulunasi semua dan keluargamu hidup bersama keluargaku akan kujaga mereka seperti keluargaku." Shafwan berjanji untuk menguatkan Umeir akan rencana buruknya membunuh Rasulullah ﷺ.

Umeir berkata, "Nah, kalau begitu marilah kita simpan rahasia ini." Umeir lalu meminta pedangnya untuk diasah dan dibubuhi racun. Ia lantas berangkat ke Madinah.

Kala itu di Madinah, Umar bin Khattab tengah bercakap-cakap dengan sekelompok muslimin mengenai pertolongan Allah di perang Badar. Saat menoleh, tampaklah olehnya Umeir bin Wahab sedang menambatkan tunggangannya di muka masjid sembari bersiap memakai pedangnya.

"Itu Umeir bin Wahab, anjing musuh Allah. Demi Allah, pastilah kedatangannya untuk maksud jahat. Ia lah yang telah menghasut orang banyak dan mengarahkan mereka untuk memerangi kita di perang Badar."

Umar bergegas mengahadap Rasulullah ﷺ dan berkata, "Ya Nabi Allah, itu si Umeir musuh Allah, ia telah datang siap menghunus pedangnya! "

Rasulullah ﷺ menjawab, "Suruhlah dia masuk menghadapku! "

Umar menyuruh beberapa muslim berada di dekat Nabi untuk menjaganya, sementara ia menjemput Umeir dengan pedang terhunus di pundak. Rasulullah ﷺ melihat hal itu kemudian berkata, "Biarkanlah ia wahai Umar. Dan Anda wahai Umeir, dekatlah kemari! "

Umeir pun mendekati dan berkata, "Selamat pagi! "

Nabi ﷺ menjawab, "Sesungguhnya Allah telah memuliakan kami dengan suatu ucapan kehormatan yang lebih baik dari ucapanmu hai Umeir, yaitu salam, penghormatan ahli surga! "

Umeir berkata, "Demi Allah, aku masih hijau tentang hal itu. "

Rasulullah ﷺ bertanya kepadanya, "Apa maksudmu datang kemari hai Umeir? "

Umeir menjawab, "Kedatanganku ke sini sehubungan dengan tawanan yang berada di tangan Anda. "

"Apa maksudmu dengan pedangmu yang terhunus itu? " Tanya Rasulullah ﷺ lagi.

"Pedang-pedang keparat, menurut Anda apakah ada faedah manfaatnya pedang iru bagi kami? " Jawab Umeir.

"Berkatalah terus terang hai Umeir, apa maksud kedatanganmu yang sebenarnya? "

Umeir menjawab, "Tidak ada yang lain hanyalah yang kusebutkan tadi. "

Rasulullah ﷺ berkata, "Bukankah kamu telah duduk bersama Shafwan bin Umaiyah di atas batu lalu kamu berbincang-bincang tentang orang-orang Quraisy yang tewas di sumur Badar kemudian kamu berkata, 'Kalau bukan karena utangmu dan memegang keluargamu, niscaya aku akan pergi membunuh Muhammad'. Lalu Syahwan menjamin akan membayar utangmu dan keluargamu, asal kamu membunuhku, padahal Allah telah menjadi penghalang bagi maksudmu itu. "

Umeir sangat kaget, ternyata Rasulullahﷺ mengetahui pembicaraannya dengan Syahwan. Seketika itu juga ia berkata:

"Asyhadu alla ilaha illallah aa asyhadu Anna ka Rasulullah. Urusan ini tidak ada yang menghadirinya selain aku dengan Shafwan saja. Demi Allah! Maha puji syukur kepada Allah yang telah menunjuki aku kepada Islam. "

Maka berkatalah Rasulullah ﷺ kepada sahabat-sahabatnya, "Ajarilah saudaramu ini soal agama, bacakan kepadanya Al Quran dan bebaskan tawanan itu serta serahkanlah kepadanya. "

Demikianlah asal mula Umeir bin Wahab masuk Islam. Ia kemudian menjadi pembela Islam yang gigih.

Umar bin Khattab berkata, "Demi Allah yang diriku berada di tangan-Nya, sesungguhnya aku lebih suka melihat babi daripada Umeir sewaktu ia mula-mula muncul di hadapan kita. Tetapi sekarang aku lebih suka kepadanya daripada sebagian anakku sendiri."

Sejak Umeir meninggalkan Mekah menuju Madinah, Shafwan bin Umayah seringkali mondar-mandir di kota Mekah dengan sombong. Orang-orang bertanya padanya mengapa ia terlihat senang. Shafwan menjawab dengan yakinnya, "Bersenang hatilah kalian karena bakal ada satu kejadian yang akan datang beritanya dalam beberapa hari lagi yang akan menghapus malu kita di perang Badar. "

Setiap hari ia pergi ke pinggiran kota Mekah, bertanya pada para musafir sekiranya ada kabar mengenai peristiwa yang terjadi di Madinah. Namun, tidak didapatinya kabar itu. Sampai suatu hari ia bertanya, "Apa tak ada suatu kejadian di Madinah? "

Salah seorang musafir akhirnya berkata, "Benar, telah terjadi suatu kejadian besar! "

Wajah Shafwan menjadi ceria karena ia begitu yakin Umeir telah berhasil membunuh Rasulullah ﷺ. "Apa sebenarnya yang terjadi tolong ceritakan kepadaku! "

Orang tadi menjawab, "Umeir bin Wahab telah memeluk Islam, ia di sana sedang memperdalam agama dan mempelajari Al Quran. "

Shafwan pun menjadi lemas, terkejut ibarat disambar petir.

Kembali ke Mekah

Suatu hari Umeir menghadap Rasulullah dan berkata, "Wahai Rasulullah, dahulu aku berusaha memadamkan cahaya Allah, sangat jahat terhadap orang yang memeluk agama Allah Azza wajalla, maka sekarang aku ingin agar Anda izinkan aku pergi ke. Mekah. Aku akan menyeru mereka kepada Allah dan kepada RasulNya serta kepada Islam semoga mereka diberi hidayah oleh Allah. Kalau tidak, aku akan menyakiti mereka karena agama mereka sebagaimana dulu aku menyakiti sahabat-sahabatmu karena agama yang diikuti mereka. "

Sampailah suatu ketika Umeir kembali ke Mekah. Shafwan sangat ingin menemui dan menebaskan pedangnya kepada Umeir. Namun, dilihatnya pedang Umeir telah terhunus, ia pun mengurungkan niatnya. Shafwan hanya melontarkan caci maki.

Umeir berkata, "Demi Allah, tidak akan kubiarkan satu tempat pun yang pernah kududuki dengan kekafiran melainkan akan kududuki lagi dengan keimanan."

Banyak penduduk Mekah yang mengikuti masuk Islam lantaran pengaruh keteguhan iman Umeir bin Wahab.

Saat pembebasan kembali kota Mekah, Umeir pun turut memasuki masjidil haram. Ia tak hendak melupakan sahabatnya Shafwan bin Umayah lalu pergi ke tempat saudaranya ltu.

Sayangnya, Shafwan telah pergi menuju Jeddah untuk berlayar ke Yaman. Umeir sangat kasihan dan kecewa dengan sahabatnya. Ia pergi menghadap Rasulullahﷺ dan berkata, "Ya Nabi Allah, sesungguhnya Shafwan itu adalah milik penghulu kaumnya, ia hendak pergi melarikan diri dengan menerjuni laut karena takut dengan Anda. Maka mohon Anda beri ia keamanan dan perlindungan, semoga Allah melimpahkan karunia-nya kepada Anda. "

Nabi menjawab, "Ia aman. "

Umeir berkata lagi, "Ya Rasul Allah berilah aku suatu tanda sebagai bukti keamanan dari Anda. "

Maka Rasulullah ﷺ memberikan sorbannya yang dipakai saat memasuki Mekah. Umeir pergi dengan sorban itu menyusul Shafwan yang hendak berlayar. Ia berseru kepada Shafwan, "Ayah dan ibuku menjadi jaminan bagimu. Ingatlah kepada Allah, janganlah engkau silap dan berputus asa. Inilah tanda keamanan dari Rasulullah yang sengaja aku bawa untukmu. "

Shafwan menjawab, "Enyahlah engkau tak perlu bercakap denganku! "

Umeir menjelaskan, "Benar Syafwan, jaminanmu ayah dan ibuku, sesungguhnya Rasulullah itu adalah manusia yang paling utama, paling banyak kebajikannya, paling penyantun dan paling baik. Kemuliaannya kemuliaanmu, martabatnya martabatmu. "

Shafwan berkata, "Aku takut terhadap diriku. "

Umeir berkata, "Beliau orang yang paling penyantun dan paling mulia, lebih dari apa yang engkau duga! "

Akhirnya hati Shafwan luluh. Ia pun mengikuti Umeir dan menghadap Rasulullah ﷺ. Shafwan berkata, "Kawan ini mengatakan bahwa Anda telah memberiku keamanan."

"Betul. " Jawab Nabi.

Shafwan berkata, "Berilah aku kesempatan untuk memilih selama dua bulan. "

Rasulullahﷺ menjawab, "Engkau diberi kesempatan memilih selama empat bulan. "

Kemudian akhirnya Shafwan pun menjadi Islam. Tak terkira bahagianya Umeir bin Wahab akan keadaan saudara yang juga temannya itu.

Demikianlah kisah Umeir bin Wahab. Setelah pembebasan Mekah, Umeir melanjutkan hidupnya mengikuti jejak Rasulullahﷺ menyeru kepada umat manusia untuk melepaskan mereka dari kesesatan menuju cahaya terang.

Salam untukmu Umeir bin Wahab, semoga Allah meridhoimu.

Alhamdulillah
Kisah Sahabat lainnya:
Kisah Sahabat Rasulullah SAW

Asmaul Husna: An Nur


An Nur - Maha Pemberi Cahaya

Allahﷻ adalah sumber cahaya langit dan bumi. 

اللَّهُ نُورُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكٰوةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّىٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُّبٰرَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلٰى نُورٍ ۗ يَهْدِى اللَّهُ لِنُورِهِۦ مَنْ يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ
"Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
Quran An-Nur 35

Allahﷻ adalah cahaya terang yang akan bersinar saat tiada lagi yang mampu bercahaya,  cahaya dengan sendiri-Nya,  bukan dinyalakan cahaya lain. Cahaya-Nya di dunia ini adalah agama-Nya.  Cahaya yang diturunkan melalui Al Quran,  kemudian meresap ke dalam hati mereka yang percaya.


فَئَامِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَالنُّورِ الَّذِىٓ أَنْزَلْنَا ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
"Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Al-Qur'an) yang telah Kami turunkan. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan."
Quran At-Taghabun 8

Mereka yang tidak mempercayai Allahﷻ berada dalam kegelapan yang segelap-gelapnya.

أَفَمَنْ شَرَحَ اللَّهُ صَدْرَهُۥ لِلْإِسْلٰمِ فَهُوَ عَلٰى نُورٍ مِّنْ رَّبِّهِۦ ۚ فَوَيْلٌ لِّلْقٰسِيَةِ قُلُوبُهُمْ مِّنْ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ أُولٰٓئِكَ فِى ضَلٰلٍ مُّبِينٍ
"Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Rabbnya (sama dengan orang yang hatinya membatu)? Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata."
Quran Az-Zumar 22

أَوْ كَظُلُمٰتٍ فِى بَحْرٍ لُّجِّىٍّ يَغْشٰىهُ مَوْجٌ مِّنْ فَوْقِهِۦ مَوْجٌ مِّنْ فَوْقِهِۦ سَحَابٌ ۚ ظُلُمٰتٌۢ بَعْضُهَا فَوْقَ بَعْضٍ إِذَآ أَخْرَجَ يَدَهُۥ لَمْ يَكَدْ يَرٰىهَا ۗ وَمَنْ لَّمْ يَجْعَلِ اللَّهُ لَهُۥ نُورًا فَمَا لَهُۥ مِنْ نُّورٍ
"atau (keadaan orang-orang kafir) seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh gelombang demi gelombang, di atasnya ada (lagi) awan gelap. Itulah gelap gulita yang berlapis-lapis. Apabila dia mengeluarkan tangannya hampir tidak dapat melihatnya. Barang siapa tidak diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah, maka dia tidak mempunyai cahaya sedikit pun."
Quran An-Nur 40

Tak ada yang sanggup memadamkan cahaya Allah.

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوٰهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِۦ وَلَوْ كَرِهَ الْكٰفِرُونَ
"Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir membencinya."
Quran As-Saff 8

Mereka yang percaya memohon dilimpahkan cahaya kepada Allah.

رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَآ ۖ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ
Ya Rabb kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."
(QS. At-Tahrim 66: Ayat 8)

Rasulullah ﷺ biasa memanjatkan doa:

اَللّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِى نُوْرًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِى نُوْرًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِى نُوْرًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِى نُوْرًا وَمِنْ اَمَامِى نُوْرًا وَمِنْ فَوْقِى نُوْرًا وَمِنْ تَحْتِى نُوْرًا اَللّهُمَّ اَعْطِنِى نُوْرًا

“Ya Allah ! Jadikanlah cahaya didalam hatiku dan di lidahku, jadikanlah cahaya dalam pendengaranku, jadikanlah cahaya dalam penglihatanku, jadikan cahaya dari belakangku , dari hadapanku dari atasku dan dari bawahku! Ya Allah berilah aku cahaya.” (HR Bukhari-Muslim)

Amal kebaikan akan menjadi cahaya bagi mereka yang beriman di hari akhir .

Alhamdulillah

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan



Sudah sampaikan kisah tentang taubatnya seorang pencuri kain kafan kepada sahabat sekalian? Kisah ini melatar-belakangi turunnya ayat dalam Al Quran, yaitu surat Ali Imran ayat 135-136.

Bismillahi Rahmaani Rahiim

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلٰى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
أُولٰٓئِكَ جَزَآؤُهُمْ مَّغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَجَنّٰتٌ تَجْرِى مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهٰرُ خٰلِدِينَ فِيهَا ۚ وَنِعْمَ أَجْرُ الْعٰمِلِينَ

"Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.
Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan (itulah) sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal."
Shodaqollahul'adziim

Abdurrahman bin Ghannam Al Daws memgisahkan bahwa suatu hari Muadz bin Jabal mendatangi Rasulullah ﷺ. Setelah mengucapkan salam, ia berkata, "Wahai Rasulullah, di depan pintu ada seorang pemuda tampan sedang menangis seperti anak kecil yang kehilangan ibunya. Dia ingin menemui Anda."

Nabi ﷺ berkata, "Suruh masuk pemuda itu wahai Muadz!" Muadz pun membawa pemuda itu masuk untuk menghadap Rasulullah ﷺ.

"Apa yang membuatmu menangis wahai pemuda? " tanya Rasulullah ﷺ.

"Bagaimana aku tidak menangis ya Rasulullah, aku telah melakukan dosa besar yang kurasa tidak mungkin akan diampuni Allah."

Rasulullah ﷺ pun bertanya, "Apakah engkau menpersekutukan-Nya? "

Pemuda itu serta merta menjawab, "Aku berlindung kepada Allah untuk tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apa pun."

Rasulullah ﷺ bertanya lagi, "Apakah engkau membunuh seseorang yang diharamkan Allah untuk membunuhnya?"

"Tidak ya Rasulullah."

"Kalau begitu Allah akan mengampuni dosa-dosamu walaupun dosamu itu sebesar gunung yang menjulang ke langit, " kata Rasulullah ﷺ.

Namun pemuda itu menangis keras seraya berkata, "Dosa apakah yang lebih besar dari gunung itu?! "

"Allah akan mengampuni dosa-dosa mu meskipun dosamu sebesar tujuh bumi berikut lautan dan segala yang ada padanya."

"Namun dosaku lebih besar dari itu ya Rasulullah," kata pemuda itu.

Rasulullah ﷺ berkata, "Allah akan mengampuni dosa-dosamu meskipun dosamu sebesar langit berikut bintang gemintang dan singgasana-Nya."

Kembali pemuda itu menangis dan berkata, "Dosaku lebih besar daripada itu, ya Rasulullah."

"Wahai pemuda, apakah yang lebih besar, dosa-dosamu atau Tuhanmu? "

Pemuda itu tersungkur lalu berkata, "Subhanallah, tidak ada yang lebih besar daripada Tuhanku."

"Kalau begitu dosa apa yang telah kau perbuat?"

Sambil berlinang air mata pemuda itu berkisah:
"Sudah tujuh tahun ini pekerjaanku mencuri kain kafan mayat yang baru meninggal untuk kujual ke pasar. Pada suatu hari ada seorang anak gadis Anshar meninggal dunia. Setelah dikubur dan ditinggalkan oleh keluarganya, sebagaimana biasanya aku mendatangi kuburannya untuk melucuti kain kafannya. Kutinggalkan dia telanjang di bibir kuburan, kemudian bergegas aku pulang ke rumah membawa hasil jarahanku. Di rumah aku membayangkan betapa mulusnya mayat gadis itu sampai akhirnya aku tergoda untuk melihatnya kembali. Ketika melihat mayat gadis itu, aku tidak dapat menguasai diriku sehingga aku menggaulinya. Ketika itu aku mendengar suara yang seolah-olah mengatakan,
'Wahai pemuda, celakalah engkau di hadapan penghisab pada hari kiamat kelak tempatmu adalah di neraka...''
Aku sangat terkejut dan takut sekali . Lalu bagaimana menurut pendapatmu, ya Rasulullah?"

Dengan terkejut Rasulullah ﷺ berkata, "Pergilah engkau dari sisiku, aku takut terbakar bersama apimu."

Pemuda itu pun pergi meninggalkan Rasulullah ﷺ dengan lemas. Ia pergi ke Madinah. Selama 40 hari ia menangis terus menerus, tak henti-hentinya memohon ampun kepada Allah. "Ya Allah ampunilah segala kesalahanku dan berikanlah wahyu kepada Nabi-Mu. Jika Engkau tidak mengampuniku, maka berikanlah segera siksaan-Mu yang menghancurkanku di dunia ini, tetapi selamatkanlah aku dari siksa-Mu di hari kiamat kelak."

Rupanya taubat pemuda itu diterima Allah ﷻ dan diturunkan sebuah ayat kepada Rasulullah ﷺ yaitu Al Qur'an surat Ali Imran 135-136.

Setelah menerima wakyu tersebut, Rasulullah ﷺ bersama para sahabat mencari si pemuda. Pemuda itu ditemukan di antara dua buah batu besar dalam keadaan lemah dan mata yang bengkak karena banyak menangis. Rasulullah ﷺ kemudian menghampirinya dan membersihkan debu di kepalanya, lalu bersabda, "Aku ingin memberi kabar gembira kepadamu bahwasannya engkau kini adalah orang yang dibebaskan Allah dari api neraka." Kemudian Rasulullah ﷺ berpaling kepada para sahabat seraya berkata, "Beginilah kalian seharusnya menyertai dosa yang kalian lakukan, seperti yang dilakukan pemuda ini."

Demikian kisah si.pemuda.pencuri kain kafan. Tiada kata terlambat untuk memohon ampun. Semoga Allah ﷻ mengampuni dosa-dosa dan menerima taubat kita.

Alhamdulillah

Asmaul Husna: Al Muizz


Al Muizz - Maha Memuliakan

 وَتُعِزُّ مَنْ تَشَآءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَآءُ
"Engkau muliakan siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa pun yang Engkau kehendaki."
Quran Ali Imran 26

Allahﷻ adalah Aziz,  Pemilik Kemuliaan dan Muizz,  Pemberi Kemuliaan.  Dia memberi kemuliaan kepada hamba-hamba-nya yang patuh dan pengasih.  Kemuliaan bukanlah dalam segi materi,  tapi kebesaran jiwa di dunia dengan tujuan kekekalan alam akhirat.

Kemuliaan diberikan kepada mereka yang beriman dan kedudukan mereka ditinggikan di atas orang-orang kafir,  sebagaimana Allahﷻ pernah mengabarkan kepada nabi Isa Alaihissalam tentang kedudukan para pengikut Nabi yang lurus.

إِذْ قَالَ اللَّهُ يٰعِيسٰىٓ إِنِّى مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَىَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا وَجَاعِلُ الَّذِينَ اتَّبَعُوكَ فَوْقَ الَّذِينَ كَفَرُوٓا إِلٰى يَوْمِ الْقِيٰمَةِ  ۖ  ثُمَّ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأَحْكُمُ بَيْنَكُمْ فِيمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ
"(Ingatlah), ketika Allah berfirman, Wahai 'Isa! Aku mengambilmu dan mengangkatmu kepada-Ku, serta menyucikanmu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu di atas orang-orang yang kafir hingga hari Kiamat. Kemudian kepada-Ku engkau kembali, lalu Aku beri keputusan tentang apa yang kamu perselisihkan."
Quran Ali 'Imran 55

Mereka yang beriman tak akan tertipu dengan kemuliaan semu yang nampak di dunia. Mereka memberikan bagian kepada dunia tidak lain demi kebaikan di negeri akhirat.

وَابْتَغِ فِيمَآ ءَاتٰىكَ اللَّهُ الدَّارَ الْأَاخِرَةَ  ۖ  وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا  ۖ  وَأَحْسِنْ كَمَآ أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ  ۖ  وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْأَرْضِ  ۖ  إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ
"Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan."
Quran Al-Qasas 77

Allahﷻ senantiasa membantu mereka yang beriman.

إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ ءَامَنُوا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهٰدُ
"Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat),"
Quran Ghafir 51

Merasa diri sendiri paling baik akan menjauhkan seseorang dari Allah.

Alhamdulillah