Quran At Thalaq 3, Allahﷻ Akan Mencukupkan Orang Bertawakal

 


Cukuplah bagi kita untuk selalu merasa tenang dengan salah satu bagian Al Quran surat At Thalaq 3


Bismillaahi Rahmaani Rahiim


وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ


Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.

Shodaqollahul'adziim


Dari Abdullah ibnu Abbas radhiyallahu'anhu yang memberitahukan bahwa di suatu hari ia pernah dibonceng di belakang Rasulullah ﷺ, lalu Rasulullah ﷺ bersabda bertanya:


"يا غلام, إني معلمك كلمات: احفظ الله يحفظك, احفظ الله تجده تجاهك, وإذا سألت فاسأل الله, وإذا استعنت فاستعن بالله, واعلم أن الأمة لو اجتمعوا على أن ينفعوك, لم ينفعوك إلا بشيء كتبه الله لك, ولو اجتمعوا على أن يضروك, لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ ، رُفِعَتِ الْأَقْلَامُ ، وَجَفَّتِ الصُّحُفُ "


Hai para pemuda, sebenarnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: Peliharalah (batasan-batasan) Allah, niscaya Dia akan memeliharamu. Ingatlah selalu Allah, niscaya engkau akan menjumpai-Nya di hadapanmu. Dan dalam kamu memohon, mohonlah kepada Allah; dan kamu meminta tolong, maka minta tolonglah kepada Allah. Dan ketahuilah bahwa umat ini seandainya bersatu untuk memberimu manfaat, mereka tidak dapat memberimu manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah untukmu. Dan seandainya mereka bersatu untuk menimpakan mudarat terhadap dirimu, niscaya mereka tidak dapat menimpakan mudarat terhadapmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah akan menimpa dirimu. Qalam telah dinaikkan (takdir telah ditetapkan) dan semua lembaran telah kering (telah penuh dengan catatan). (HR Ahmad) 


Dari Abdullah ibnu Mas'ud radhiyallahu'anhu yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:


"من نزل به حاجة فأنزلها بالناس كان قمنا أن لا تسهل حاجته, ومن أنزلها بالله أتاه أتاه أتاه برزو أتواجل" أ


"Barang siapa yang mempunyai suatu keperluan, lalu ia menyerahkannya kepada manusia, maka dapat dipastikan bahwa keperluannya tidak dimudahkan. Dan barang siapa yang menyerahkan keperluannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka Allah akan mendatangkan rezeki yang segera atau memberinya kematian yang ditangguhkan (usia yang diperpanjang) . " (HR Ahmad)


Alhamdulillah

Tiga Ciri Orang Beriman

Tiga ciri orang beriman telah difirmankan Allahﷻ , salah satunya dalam Al Quran surat Al Anfal ayat 2:  

Bismillahi Rahmani Rahiim

  إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ ءَايٰتُهُۥ زَادَتْهُمْ إِيمٰنًا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ "

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah: (1) mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, (2) dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya (3) dan hanya kepada Rabb mereka bertawakal."




 1. Hati yang gemetar mengingat Allahﷻ.

Serupa dengan ayat di atas, Allahﷻ berfirman mengenai gemetarnya kulit dan hati orang beriman dalam surat Az Zumar 23:

 اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتٰبًا مُّتَشٰبِهًا مَّثَانِىَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلٰى ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِى بِهِۦ مَنْ يَشَآءُ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ 

"Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Qur'an yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Rabbnya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan Kitab itu Dia memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk." 

 2. Bertambah imannya dengan Al Quran.

Ciri orang beriman yang kedua adalah bertambahnya keyakinan hati jika dibacakan Al Quran. Hal ini juga difirmankan Allah ﷻ dalam surat At Taubah ayat 124-125:

 وَإِذَا مَآ أُنْزِلَتْ سُورَةٌ فَمِنْهُمْ مَّنْ يَقُولُ أَيُّكُمْ زَادَتْهُ هٰذِهِۦٓ إِيمٰنًا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا فَزَادَتْهُمْ إِيمٰنًا وَهُمْ يَسْتَبْشِرُونَ وَأَمَّا الَّذِينَ فِى قُلُوبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا إِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوا وَهُمْ كٰفِرُونَ 

"Dan apabila diturunkan suatu surat maka di antara mereka (orang-orang munafik ada yang berkata, Siapakah di antara kamu yang bertambah imannya dengan (turunnya) surat ini? Adapun orang-orang yang beriman, maka surat ini menambah imannya dan mereka merasa gembira. Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surat itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir."

 3.Bertawakal hanya pada Allahﷻ. 

Rasulullah ﷺ dalam surat At Taubah 51 diperintahkan Allah ﷻ untuk mengucapkan

 قُل لَّنْ يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلٰىنَا ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ 

"Katakanlah (Muhammad), Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman." 

 Shodaqollahul'adziim

Demikian tiga ciri orang beriman, semoga bisa menjadi bahan introspeksi bagi kita. Alhamdulillah