Karakter Terpuji 3: Istiqomah


Salah satu karakter yang harus selalu dimiliki seorang muslim adalah istiqomah. Istiqomah, bisa dimaksud juga konsekuen, konsisten, tetap lurus tidak bengkok-bengkok.

Qs 41 Fushilat 30:

Sesungguhnya orang-orang yang menyatakan Rabb kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqomah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu sedih dan bergembiralah dengan memperoleh surga yang telah dijanjikan kepadamu.”

QS 46 Al Ahqaf 13-14:

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, “Tuhan kami ialah Allah”, kemudian mereka tetap istiqomah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada pula berduka cita. Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.

Istiqomah muncul dari iman yang telah mantap. Orang yang selalu istiqomah akan selalu:
Berani, as sajaah
Optimis, at tafaul
Tentram, al ithminan

Qul, amantu billahi, tsummastaqim

Abu Amru (Sofyan) bin Abdullah ra berkata, “Ya Rasulullah ajarkan kepada saya kalimat yang menyimpulkan pengertian Islam, sehingga saya tidak membutuhkan bertanya kepada seorangpun selain Engkau.”
Jawab Nabi SAW, “Katakanlah, Aku beriman kepada Allah,kemudian istiqomah.” (HR Muslim)


Abu Hurairah ra berkata, bersabda Rasulullah SAW, “Bersedang-sedang sajalah kamu dan tetapkanlah dalam beramal, ketahuilah olehmu bahwa tak seorang pun dapat selamat hanya semata-mata bergantung kepada amal perbuatannya.”  
Sahabat bertanya,”Tidak juga Engkau ya Rasulullah?
Nabi SAW menjawab, “Tidak pula saya, kecuali jika Allah meliputi saya dengan rahmat dan karuniaNya.” (HR Muslim)
Maksud hadist ini, dalam beramal tidak perlu berlebihan, biarpun sedang saja tetapi terus menerus dilakukan.

Alhamdulillah
Karakter Terpuji Lainnya:
Karakter Terpuji 1: Muslim, Mukmin, Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar