Burung Hijau

Jiwa mereka yang gugur di jalan Allah Subhana wa ta’ala bebas pergi kemana saja di surga.




QS Ali Imran 169
Bismillahi Rahmaani Rahiim

Janganlah kamu mengira bahwa orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Rabbnya dengan mendapat rezki.

Shodaqollahul’aziim.

Berkata Masruq, katanya mereka bertanya kepada Abdullah tentang ayat Al Quran: “Janganlah kamu mengira bahwa orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Rabbnya dengan mendapat rezki.” Ia mengatakan bahwa pernah bertanya pada Rasulullah SAW yang bersabda:

“Jiwa mereka yang gugur di jalan Allah berada di dalam burung-burung hijau yang tempat tinggalnya di sebuah tempat lampu yang tergantung pada singgasana Allah yang Maha Besar. Mereka makan buah-buahan surga dari mana saja mereka inginkan dan akan beristirahat di tempat lampu tersebut.

Suatu saat sang Rabb memperhatikan mereka dan bertanya apakah mereka memerlukan apapun. Mereka mengatakan, “Apa lagi yang kami inginkan selain apa yang telah diberikan. Kami bisa makan buah-buahan surga dari mana saja yang kami sukai.”

Rabb mereka bertanya pertanyaan yang sama tiga kali. Saat mereka sadar bahwa mereka akan terus ditanya jika tidak menjawabnya, mereka berkata, “Oh Tuhanku, kami berharap sekiranya Engkau mau mengembalikan jiwa kami ke tubuh kami sehingga kami bisa mati gugur sekali lagi.” Setelah itu barulah sang Rabb meninggalkan mereka dalam kesenangan surga.” Hadist Riwayat Muslim 1887

Salam bagimu wahai syuhada, semoga Allah memperkenankan kita bertemu dengan mereka kelak. Aamiin.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar