Ancaman Allah Terhadap Orang yang Kikir

AllahTa’ala memerintahkan untuk tidak menyekutukan Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia. Perbuatan baik sangatlah sulit dilakukan oleh mereka yang sombong dan suka membanggakan diri. Salah satu sikapnya ditunjukkan dengan kekikiran.

Al Quran Surat An Nissa 4:37
Bismillahi Rahmaani Rahiim

(yaituorang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan.

Shodaqollahul’adzim

Para ulama Bani Israil dulu sangat bakhil dengan ilmu yang mereka miliki. Maka Allah menurunkan ayat di atas sebagai peringatan perbuatan tersebut.

Ayat ini juga berkenaan dengan seorang bernama Kurdum bin Zaid  yang merupakan sekutu Kaab bin Asyraf. Usamah bin Habib, Nafi bin Abi Nafi, Bahwa bin Amr, Hay bin Aktab dan Rifaah bin Zaid at Tabut mendatangi orang-orang Anshar dan seolah memberi nasehat.

Kata mereka, “Janganlah kamu membelanjakan hartamu kami takut kalau-kalau kamu jadi fakir dengan hilangnya harta itu dan janganlah kamu terburu-buru menginfakkannya, karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi.”

Maka Allah menurunkan ayat di atas sebagai larangan menjadi kikir dan larangan menganjurkan orang-orang menjadi seorang yang kikir.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar