Asmaul Husna: Al Muqtadir


Yang Maha Kuasa

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّنَهَرٍ 
فِيْ مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيْكٍ مُّقْتَدِرٍ

"Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa."
QS. Al-Qamar 54: 54-55


Allah adalah yang Maha Kuasa yang memiliki kekuasaan dan penguasaan mutlak. Tidak ada yang melampaui kekuasaanNya.

Al Muqtadir dan Al Qadir sama-sama artinya kekuasaan, tetapi Al Muqtadir mengandung makna bahwa penguasaan itu timbul dari sifat Allah itu sendiri, dan ia bersifat mutlak dan umum, yang tidak dihubungkan dengan segala sesuatu tugas khusus.


وَاضْرِبْ لَهُمْ مَّثَلَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَآءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَآءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ فَاَصْبَحَ هَشِيْمًا تَذْرُوْهُ الرِّيٰحُ   ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا

"Dan buatkanlah untuk mereka (manusia) perumpamaan kehidupan dunia ini, ibarat air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, sehingga menyuburkan tumbuh-tumbuhan di bumi, kemudian (tumbuh-tumbuhan) itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."
QS. Al-Kahf 18:45


Allah memperlihatkan esensi dari KemahakuasaanNya dengan tindakan-tindakan yang mampu dilakukanNya.


فَاِمَّا نَذْهَبَنَّ بِكَ فَاِنَّا مِنْهُمْ مُّنْتَقِمُوْنَ 
اَوْ نُرِيَنَّكَ الَّذِيْ وَعَدْنٰهُمْ فَاِنَّا عَلَيْهِمْ مُّقْتَدِرُوْنَ

"Maka sungguh, sekiranya Kami mewafatkanmu (sebelum engkau mencapai kemenangan), maka sesungguhnya Kami akan tetap memberikan azab kepada mereka (di akhirat), atau Kami perlihatkan kepadamu (azab) yang telah Kami ancamkan kepada mereka. Maka sungguh, Kami berkuasa atas mereka."
QS. Az-Zukhruf 43: 41- 42


Apabila ganti rugiNya dibagikan kepada bangsa-bangsa bebal yang tidak percaya, itu adalah hukuman yang keras dan menyeluruh.


كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا كُلِّهَا  فَاَخَذْنٰهُمْ اَخْذَ عَزِيْزٍ مُّقْتَدِرٍ

"Mereka mendustakan mukjizat-mukjizat Kami semuanya, maka Kami azab mereka dengan azab dari Yang Maha Perkasa, Maha Kuasa."
QS. Al-Qamar 54:42



Apapun Yang terjadi terhadap dunia itu adalah kehendak Allah.  

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar