Sabar dan Tenang



Sabar dan tenang adalah dua sifat yang disukai Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam Al Quran:
Bismillahi Rahmaani Rahiim... 

وَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلًا
"Dan bersabarlah (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik." (QS. Al-Muzzammil 73: Ayat 10)
Shodaqollahul'adziim

Ibnu Katsir dalam kitabnya menyatakan, Allah ﷻ berfirman, memerintahkan kepada Rasul-Nya untuk bersabar terhadap ucapan orang-orang yang mendustakannya dari kalangan orang-orang yang kurang akalnya dari kaumnya, dan hendaklah dia menjauhi mereka dengan cara yang baik, yaitu dengan cara yang tidak tercela.

Ibn Abbas ra berkata: Rasulullah  ﷺ bersabda kepada Asjadjdji Abdil Qays: "Sesungguhnya kamu mempunyai dua tabiat dan kelakuan yang disukai oleh Allah yaitu,  sabar dan ketenangan. " (Hadist Riwayat Muslim) 

Aisyah ra berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya Allah lunak dan tenang,  suka pada ketenangan dalam semua urusan. " (Hadist Riwayat Bukhari Muslim) 

Dari Djarir Abdillah ra berkata: Saya telah mendengar Rasulullah ﷺ bersabda: " Siapa yang diharamkan dari sifat tenang dan lunak berarti telah diharamkan daripada semua kebaikan. " (Hadist Riwayat Muslim) 

Ibn Masud ra berkata: Bersabda Rasulullah ﷺ: "Sukakah saya beritahukan padamu orang yang diharamkan masuk neraka?  Bersabda Nabi ﷺ : "Neraka itu haram atas siapa orang yang lunak, ringan, tenang dan baik budi. " (Hadist riwayat At Tirmidzi) 

Alhamdulillah
#Quran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar