Asmaul Husna: Al Quddus


Al Quddus - Maha Suci

هُوَ اللَّهُ الَّذِى لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ 
"Dialah Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Maha Raja Yang Maha Suci..."
QS. Al-Hasyr 59:23

Allah bebas dari ketidaksempurnaan. Nama-nama baik dan indah adalah atribut-Nya.

شَتَمَنِى ابْنُ آدَمَ وَمَا يَنْبَغِى لَهُ أَنْ يَشْتِمَنِى ، وَتَكَذَّبَنِى وَمَا يَنْبَغِى لَهُ ، أَمَّا شَتْمُهُ فَقَوْلُهُ إِنَّ لِى وَلَدًا . وَأَمَّا تَكْذِيبُهُ فَقَوْلُهُ لَيْسَ يُعِيدُنِى كَمَا بَدَأَنِى

Dari Abu Hurairah ra, bersabda Rasulullah ﷺ:  Allah ﷻ berkata:
“Manusia  mencela-Ku dan tidak pantas baginya mencela-Ku. Dan manusia mendustakan-KU dan tidak pantas baginya berbuat seperti itu. Celaan manusia pada-Ku yaitu Aku dikatakan memiliki anak. Sedangkan mereka mendustakan-Ku dengan mengatakan bahwa Aku tidak mungkin menghidupkannya kembali sebagaimana Aku telah menciptakannya” (HR Bukhari )

Quddus berarti kemurnian.  Pikiran manusia seringkali menyamakan atribut dan sifat Allah ﷻ sebagaimana halnya sifat dan wujud makhluk. Padahal atribut dan sifat-Nya murni dari sifat makhluk. Manusia memiliki akal yang terbatas untuk sampai pada gambaran wujud Tuhan Alam Semesta yang tak terbatas ruang dan waktu serta merupakan dzat yang sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan ukuran makhluk. 

  ۚلَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ  ۖ  
"... Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia..."
QS. Asy-Syura 42:11

Keberadaan Allah ﷻ secara fisik tak akan sanggup dicapai oleh akal pikiran manusia. Hanyalah tanda-tanda kekuasaan-Nya yang terdapat dari ciptaan-Nya saja yang menjadi petunjuk dan hidayah kepada manusia.

وَهُوَ الَّذِى يَبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ ۥ  وَهُوَ أَهْوَنُ عَلَيْهِ  ۚ  وَلَهُ الْمَثَلُ الْأَعْلٰى فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ  ۚ  وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
"Dan Dialah yang memulai penciptaan, kemudian mengulanginya kembali, dan itu lebih mudah bagi-Nya. Dia memiliki sifat Yang Maha Tinggi di langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
QS. Ar-Rum 30: 27

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ
"Apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi senantiasa bertasbih kepada Allah. Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
QS. Al-Jumu'ah 62: 1

Mengikuti  hanya jalan dari Yang Maha Suci

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar