Orang Beriman Paling Berhak Ditolong Allah ﷻ



Allah ﷻ adalah yang paling berhak menolong. Dia yang Maha kuasa akan menolong siapa saja yang dikehendaki-Nya. Namun, Allah ﷻ menegaskan dalam Al Quran, bahwa adalah  kewajiban Allah ﷻ untuk menolong  orang-orang yang beriman.

Al Quran surat Ar Rum 47
Bismillahi Rahmaani Rahiim
وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ رُسُلًا إِلٰى قَوْمِهِمْ فَجَآءُوهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَانْتَقَمْنَا مِنَ الَّذِينَ أَجْرَمُوا  ۖ  وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ
"Dan sesungguhnya, Kami telah mengutus sebelum kamu (Muhammad) beberapa orang rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa. Dan  Kami  berkewajiban  menolong orang-orang yang beriman."
(QS. Ar-Rum 30: 47)
Shodaqollahul 'adziim

Mengenai bagian ayat  وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ (...  Dan  Kami  berkewajiban  menolong orang-orang yang beriman), Ibnu Katsir mengungkapkan ayat ini bermaksud  bahwa menolong orang-orang mukmin merupakan suatu keharusan yang Allah ﷻ  wajibkan atas diri-Nya sendiri yang Maha Mulia sebagai anugerah dan karunia dari-Nya. 

Dari Abu Darda ra ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

"ما مِنَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ يَرُدُّ عَنْ عِرْضِ أَخِيهِ، إِلَّا كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهِ أَنْ يَرُدَّ عَنْهُ نَارَ جَهَنَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ". ثُمَّ تَلَا هَذِهِ الْآيَةَ

"Tiada seorang muslim pun yang membela kehormatan saudaranya melainkan sudah menjadi kewajiban bagi Allah menghindarkannya dari api neraka kelak di hari kiamat."

Kemudian Nabi Muhammad ﷺ membaca firman-Nya: Dan Kami  berkewajiban menolong orang-orang yang beriman. (Ar-Rum: 47)

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar