Asmaul Husna: Ar Raqib


Ar Raqib- Maha Pengawas

ۚإِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا
"Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu."
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 1)

Allah ﷻ selalu mengawasi semua ciptaan-Nya. Tidak ada satu pun yang terlewat dari pengawasan-Nya.

وَكَانَ اللَّهُ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ رَّقِيبًا
"Dan Allah Maha Mengawasi segala sesuatu."
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 52)

Allah ﷻ ibarat wali yang mempertahankan hukum-hukum-Nya serta melindungi orang-orang yang lemah dan tidak bersalah. Allah ﷻ selalu waspada, tak ada yang tersembunyi atau tidak diketahui.


يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فِى الْأَرْضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَآءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيهَا ۖ وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنْتُمْ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ
"Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar dari dalamnya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik ke sana. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 4)

Allah ﷻ senantiasa waspada, mendengar dan melihat, semua orang bertanggung-jawab kepada-Nya. Setiap hamba sudah seharusnya merasa takut akan amarah-Nya.


أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ ۖ مَا يَكُونُ مِنْ نَّجْوٰى ثَلٰثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ إِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَآ أَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ أَكْثَرَ إِلَّا هُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَا كَانُوا ۖ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ
"Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
(QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 7)


Selalulah mawas diri dalam tindak-tanduk dan motif perbuatan.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar