Asmaul Husna: Al Qayyum





Al Qayyum - Maha Berdiri Sendiri




اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۙ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ 
"Allah, tidak ada Rabb selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya)."
QS. Ali 'Imran 3:2

Al Qayyum merupakan asma Allah ﷻ yang Paling Besar, Al Ism al Azam, sebagaimana asmanya yang lain, Al Hayy, Maha Hidup. Allah ﷻ adalah yang Maha Berdiri Sendiri, abadi, Esa, tanpa awal dan tanpa akhir, tanpa batas waktu, tempat atau situasi. Allah tidak mati, tidak butuh istirahat dan tidak tidur. Allah tak pernah lelah.


وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ ۖ وَّمَا مَسَّنَا مِنْ لُّغُوْبٍ
"Dan sungguh, Kami telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami tidak merasa letih sedikit pun."
QS. Qaf 50:38

Al Qayyum adalah yang Esa Maha Berdiri Sendiri, keberadaannya mandiri. Dia jugalah yang menjaga makhluk dan alam semesta. Langit dan bumi kukuh atas perintah-Nya. Allah ﷻ tidak butuh kepada makhluk, tetapi makhluklah yang membutuhkan-Nya.


وَمِنْ اٰيٰتِهٖۤ اَنْ تَقُوْمَ السَّمَآءُ وَالْاَرْضُ بِاَمْرِهٖ ۗ ثُمَّ اِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً ۖ مِّنَ الْاَرْضِ ۖ اِذَاۤ اَنْـتُمْ تَخْرُجُوْنَ

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan kehendak-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu kamu keluar (dari kubur)."
QS. Ar-Rum 30:25


Rasulullah ﷺ menyebut nama-Nya saat berdoa, terutama saat bersujud.
"Ya Hayyu ya Qayyum" Oh, Yang Maha Hidup Yang Berdiri Sendiri".


وَعَنَتِ الْوُجُوْهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ ۗ وَقَدْ خَابَ مَنْ حَمَلَ ظُلْمًا

"Dan semua wajah tertunduk di hadapan (Allah) Yang Hidup dan Yang Berdiri Sendiri. Sungguh rugi orang yang melakukan kezaliman."
QS. Ta-Ha 20: 111

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, dikisahkan bahwa dahulu ia duduk bersama Rasulullah ﷺ dan ada seseorang yang shalat lalu berdoa,

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan mengimani bahwa milik-Mu segala pujian tiada sesembahan yang benar selain engkau al-Mannan, pencipta langit dan bumi, wahai yang memiliki keagungan dan kemurahan, wahai al-Hayyu, wahai al-Qayyum.”

Nabi ﷺ berkata, "Sungguh dia telah berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla dengan menyebut nama-Nya yang terbesar yang bila diminta dengannya, Dia akan mengijabahi; dan bila dimohon dengannya, Dia akan memberi.” (HR. Abu Dawud)

Kecintaan kepada hal-hal duniawi menutupi gerbang menuju keabadian.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar