Ibarat Memandang Bulan Purnama



Matahari dan bulan adalah salah satu dari beberapa tanda-tanda kebesaran Allah ﷻ . Bersama pergerakan benda-benda ciptaan-Nya ini di angkasa, seorang muslim hendaknya selalu mengingat kebesaran-Nya.

Al Quran surat Qaf 50:39
Bismillahi Rahmaani Rahiim



فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ
وَقَبْلَ الْغُرُوْبِ 

"Maka bersabarlah engkau (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam."
(QS. Qaf 50: Ayat 39)

Shodaqollahul'adziim

Pada suatu malam, duduklah Jabir bin Abdullah bersama Rasulullah ﷺ. Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu'anhu ia berkata, ”Kami sedang bersama Nabi ﷺ, lalu Beliau ﷺ memandang bulan purnama di malam itu seraya bersabda:

"‏ أَمَا إِنَّكُمْ سَتَرَوْنَ رَبَّكُمْ كَمَا تَرَوْنَ هَذَا، لاَ تُضَامُّونَ ـ أَوْ لاَ تُضَاهُونَ ـ فِي رُؤْيَتِهِ، فَإِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ لاَ تُغْلَبُوا عَلَى صَلاَةٍ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ، وَقَبْلَ غُرُوبِهَا فَافْعَلُوا ‏"‏‏.‏ ثُمَّ قَالَ ‏"‏ فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ‏"‏‏


"Sungguh kalian akan melihat Rabb pencipta kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini, tidak terhalangi apapun (tidak kesulitan) dalam melihat-Nya subhanahu wata’ala , maka semampunya berusahalah menyempurnakan shalat sebelum terbitnya matahari (sholat subuh) dan sebelum terbenam matahari(shalat Ashar) maka perbuatlah “.
Lalu Beliau membaca ayat, "... dan bertasbihlah dengan memuji Rabbmu sebelum matahari terbit dan sebelum terbenam" (QS Qaf ayat 39).
HR Bukhari

Selain menjelang terbit dan terbenamnya matahari, seorang muslim juga hendaknya banyak mengingat Allah ﷻ tatkala terjadinya gerhana, baik gerhana matahari ataupun bulan.

Dari Aisyah radhiyallahu'anha bersabda Rasulullah ﷺ:

,إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ ، لاَ يَنْخَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ ، فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا ، وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.” (HR. Bukhari)



Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar