Jangan Bakhil



Beramallah dan jangan menghitung atau menyebut-nyebutnya. Beramal di jalan Allah dan menjadikan diri kita bahagia.

QS Al Lail 92: 5-10

Bismillahi Rahmaani Rahiim

“ Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa ,
dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga)
maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah .
Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup ,
serta mendustakan pahala terbaik ,
maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar .”

Shodaqollahul’adziim

Pada riwayat Muslim, dari Ali ra katanya:

“Pada suatu hari kami mengantarkan jenazah ke pekuburan Baqi Al Gharqad. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam mendatangi kami, lalu beliau duduk. Maka kami pun duduk pula di keliling beliau. Beliau memegang sepotong ranting, menunduk dan menggaris-garis pasir dengan ranting itu. Kemudian beliau bersabda: “Tidak seorang jua pun di antara kamu melainkan tempatnya telah ditentukan Allah Ta’ala di surga atau neraka. Telah ditetapkan Allah apakah dia celaka atau bahagia.”

Maka bertanya seorang sahabat, “Ya Rasulullah, kalau begitu apakah tidak lebih baik kita diam saja menunggu suratan takdir nasib kita tanpa beramal?”

Jawab Beliau, “Orang-orang telah ditetapkan Allah menjadi orang yang bahagia, adalah karena dia beramal dengan amalan orang yang bahagia, dan orang yang telah ditetapkan Allah menjadi orang celaka adalah karena dia beramal dengan amalan orang celaka. Karena itu, beramallah! Seorang sarana telah disiapkan. Adapun orang-orang bahagia mereka dimudahkan untuk mengamalkan amalan-amalan orang-orang bahagia. Dan orang-orang celaka, mereka dimudahkan untuk beramal dengan amalan orang-orang celaka.”

Kemudian Beliau membaca ayat, “Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup,serta mendustakan pahala terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar. QS Al Lail 92:5-10

Alhamdulillah
#quran  

Kisah Sahabat Rasulullah SAW 17: Khalid bin Walid





Seorang pemuda berkisah, “Aku menginginkan seseorang yang akan menjadi teman seperjalanan, lalu aku jumpai Utsman bin Thalhah, ku ceritakan kepadanya apa maksudku, dan ia pun segera menyetujuinya. Kami keluar berangkat bersama-sama waktu siang. 

Sewaktu kami sampai di suatu dataran tinggi, tiba-tiba kami bertemu dengan Amr bin Ash.
Ia mengucapkan salam dan kami membalasnya. Kemudian ia bertanya, “Mau kemana tuan-tuan?” Maka kami beritakan kepadanya maksud tujuan kami, ia balik memberitakan maksudnya yang hendak menemui Nabi SAW pula, hendak masuk Islam.

Maka, berangkatlah kami bersama-sama, sehingga sampai ke kota Madinah di awal hari bulan Safar tahun yang kedelapan Hijriah. Di kala itu, aku telah dekat dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, aku segera memberi salam kenabiannya, Nabi pun membalas salamku dengan muka yang cerah. Aku pun masuk Islam dan mengucapkan syahadat yang haq…”

Demikianlah, pemuda yang berkisah itu tidak lain adalah Khalid bin Walid. Begitu sederhananya ia memasuki agama Islam. Padahal sebelumnya ia merupakan penentang yang keras terhadap agama yang dibawa Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam.
Mendengar perkataan Khalid, Rasululllah Shallallahu Alaihi Wassalam bersabda, “Sungguh aku telah mengetahui bahwa anda mempunyai akal sehat dan aku mengharap, akal sehat itu hanya akan menuntun anda kepada jalan yang baik.”

Khalid kemudian bersyahadat dan berjanji setia kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam. Kemudian katanya, “Mohon anda mintakan ampunan untukku terhadap semua tindakan masa laluku yang menghalangi jalan Allah.”

Beliau menjawab, “Sesungguhnya keislaman itu telah menghapuskan segala perbuatan yang lampau.” Maka beliau pun mengucapkan doa, “Ya Allah, aku mohon ampuni dosa Khalid ibnul Walid terhadap tindakannya menghalangi jalanMu di masa lalu.” Demikianlah doa beliau kepada Khalid bin Walid, si penunggang dan penjinak kuda yang cekatan dari suku Quraisy.

Khalid sebelumnya adalah pemimpin perang dari suku Quraisy. Saat kaum muslim hampir mendapat kemenangan di perang Uhud dan sebagian pasukan muslim lengah dengan rampasan perang, Khalid lah yang memimpin penyerangan kala itu sehingga kaum muslim sempat kocar-kacir. Ia adalah pemimpin perang yang lihai sampai akhirnya Allah menuntunnya kepada Islam.

Sesudah itu datang pula Amr bin Ash, kemudian Utsman bin Thalhah, keduanya  sama-sama memeluk Islam dan berjanji setia kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam.

Memimpin Perang Muktah

Masih ingatkah pada tiga orang syuhada pemegang panji Islam di Perang Muktah. Perang melawan pasukan Romawi yang kala itu berjumlah 200 ribu, menggugurkan tiga syuhada, Zaid bin Haritsah, Jafar bin Abi Thalib dan Abdullah bin Rawahah. Setelah itu, panji bendera Islam dipegang oleh Khalid bin Walid.

Pada situasi perang yang menggelora itu, pemimpin pasukan ketiga Abdullah Ibnu Rawahah gugur.  Tsabit bin Arqam langsung menuju bendera dan membawanya  dan mengangkatnya tinggi. Ia lalu melarikan kudanya  dengan gesit ke arah Khalid. “Peganglah panji ini, wahai Abu Sulaiman.”

Sebagai orang yang baru masuk Islam, seorang tentara biasa, Khalid tak langsung menerima pucuk pimpinan pasukan. “Jangan, tak usah aku yang memegang panji, andalah yang berhak memegangnya, anda lebih tua dan telah menyertai perang Badar.”

Tsabit berkata, “Ambillah, sebab anda lebih tahu muslihat perang dari aku, dan demi Allah aku tak akan mengambilnya kecuali untuk diserahkan kepada anda.” Ia lalu berteriak kepada seluruh pasukan, “Sediakah kalian di bawah pimpinan Khalid?” Semua menyetujui.

Khalid segera mengambil alih panji Islam pada perang itu. Situasi pasukan muslim kala itu begitu terpojok, sedangkan jumlah pasukan Romawi begitu besar. Keberanian dan semangat Khalid yang menggebu  merontokkan mental pasukan lawan.  Pandangan dan taktiknya tajam.  Secepat kilat ia membagi pasukan dan memberi tugas masing-masing.  

Ternyata pembagian pasukan ini membuka jalur di tengah pasukan Romawi sehingga lebih mudah digempur.  Pasukan muslim bisa keluar dari kepungan tentara Romawi. Kecerdikan yang luar biasa dari siasat perang seorang muslim yang dijuluki, “Si Pedang Allah yang selalu terhunus.”

Dipilih Oleh Abu Bakar ra


Saat orang Quraisy menodai perjanjian damai  dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, bergeraklah pasukan muslimin di bawah pimpinan Nabi SAW yang kemudian menunjuk Khalid bin Walid di sayap kanan sebagai pemimpin.

Sungguh sebuah pemandangan yang berbeda. Khalid masuk ke Mekah sebagai seorang pemimpin tentara muslim. Gunung-gunung dan dataran Mekah sebelumnya menyaksikan Khalid sebagai pemimpin pasukan watsani, penyembah berhala yang syirik.

Khalid terkenang masa dirinya yang jahiliyah, meninggalkan kota Mekah dan kembali lagi ke sana. Namun, kini ia berjalan di Mekah sebagai seorang muslim, bersama muslim yang lain yang mengumandangkan tahlil dan takbir. “Janji Allah, Allah tak pernah memungkiri janjiNya.” QS 30 Ar Rum 6

Khalid menegadahkan tangan dan berucap pada dirinya, “Benarlah, bahwa janji Allah, dan Allah tak pernah menyalahi janjiNya.”

Demikianlah Khalid, selalu berada di pasukan muslimin, bahkan sampai Rasulullah SAW  tiada. Ia menjadi pemimpin perang kepercayaan khalifah Abu Bakar.  Pemberontakan demi pemberontakan muncul setelah kepergian Nabi Allah itu. Banyak kabilah di Arab yang ingin membalaskan dendamnya kepada muslimin.  Api dan nyala fitnah berkobar di kalangan suku Asad, Ghatfan, Abas, Thay, dan Dzibyan. Belum lagi kabilah Bani Amir, Hawazin, Salim dan Bani Tamin. Mula-mula pemberontakan kecil dan lama kelamaan membesar.

Islam benar-benar mulai digoncang pemberontakan yang didukung penduduk Bahrain, Oman dan Muhrah. Disanalah berdiri Khalifah Abu Bakar yang menyiapkan pasukan sekaligus memimpin menuju kabilah Bani Abbas, Bani Muhrah dan Dzibyan. Pertempuran demi pertempuran pecah.

Semula Abu Bakar ingin memimpin langsung pasukan ini, sampai akhirnya ia diminta untuk memimpin dari Madinah saja. Ali bin Abi Thalib memegang kekang kuda Abu Bakar untuk mencegahnya turut langsung berperang. “Hendak kemana Anda wahai Khalifah Rasulullah? Akan kukatakan kepada anda, apa yang pernah diucapkan Rasulullah di hari Uhud: Simpanlah pedangmu  wahai Abu Bakar, jangan engkau cemaskan kami dengan dirimu.”

Maka Abu Bakar memimpin secara tidak langsung di Madinah. Ia memberikan tugas memimpin semua pasukan kepada Khalid bin Walid. Abu Bakar berkata, “ Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, bahwa sebaik-baik hamba Allah dan kawan sepergaulan ialah Khalid ibnul Walid, sebilah pedang di antara pedang-pedang Allah yang ditebaskan kepada orang kafir dan munafik.”

Khalid pun melaksanakan tugasnya berpindah-pindah bersama pasukannya dari satu medan tempur ke medan yang lain. Bani Hanifah bersama kabilah-kabilah yang telah bergabung dengan mereka diketuai Musailamah Kaddzab yang terkenal ganas menyusun pasukan menyambut panglima perang Khalid bin Walid.

Kedua pasukan berhadapan. Khalid mengambil posisi di dataran tinggi bukit-bukit Yamamah, sedangkan pasukan Musailamah menghadapinya dengan segala kecongkakan dan kedurhakaannya bersama barisan tentaranya yang banyak seakan-akan tak habis-habisnya berada di bawah bukit. Dari ketinggian itu, Khalid dapat melihat lebih jelas dimana titik kelemahan pasukan musuhnya.

Pada saat pasukannya kehilangan semangat, Khalid berteriak, “Tunjukkanlah kelebihanmu masing-masing, akan kita lihat hari ini jasa setiap suku!”  Pasukan muslimin turun di bawah arahan Khalid dengan keberanian dan pertolongan Allah, menebas satu persatu persatu pasukan musyrik.  Seperti nyamuk-nyamuk yang bergelimpangan, Musailamah dan pasukannya tewas.

Berangkat ke Irak dan Syam


Khalifah Abu Bakr di Madinah sholat syukur kepada Allah SWT karena karunia kemenangan melawan Musailamah, namun sekaligus menyadari kejahatan-kejahatan yang masih bercokol kaum Persi  di Irak dan Romawi di Syam atau Syria. Mereka selalu mengintai kelemahan umat muslim. Penguasanya menyiksa rakyat mereka sendiri dan mengerahkan sebagian besarnya untuk memerangi muslimin.

Abu bakr kembali memilih Khalid untuk meruntuhkan panji-panji kemusyrikan di Irak. Berangkatlah Khalid ke Irak setelah sebelumnya si Pedang Allah itu menulis surat kepada pembesar Kisra (kaisar Persi) dan gubernur-gubernurnya di semua wilayah Irak dan kota-kotanya.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Dari Khalid ibnul Walid kepada pembesar-pembesar Persi.
Keselamatan kepada siapa yang mengikuti petunjuk.
Kemudian segala puji kepunyaan Allah yang telah memporak porandakan kaki tangan kalian, dan merenggut kerajaan kalian, serta melemahkan tipu muslihat kalian.
Siapa yang sholat seperti sholat kami, dan menghadap kiblat kami dan memakan sembelihan kami, jadilah ia seorang muslim, ia akan mendapat hak seperti hak yang kami dapatkan, dan ia berkewajiban seperti kewajiban kami. Bila telah sampai kepada kalian suratku, maka hendaklah kalian kirimkan kepadaku jaminan, dan terimalah daripadaku perlindungan.
Dan jika tidak, maka demi Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, akan ku kirimkan kepada kalian satu kaum berani mati, padahal kalian masih sangat mencintai hidup.

Para mata-mata yang disebarkannya ke seluruh penjuru datang menyampaikan berita tentang keberangkatan pasukan balatentara yang besar yang dipersiapkan oleh panglima Persi di Irak.  Khalid tak membuang waktu dan menumpas tentara bathil ini. Kemenangan demi kemenangan dicapai oleh pasukan Khalid. Sejak Ubullah ke as Sadir, disusul an Najf, lalu al Hirah, Al Anbar, sampai Kadhimiah.

Para tawanan dan rakyat yang selama ini mengalami perbudakan oleh penguasa kafir dibebaskan. “Jangan kalian sakiti para petani, biarkan mereka bekerja dengan aman kecuali bila ada yang hendak menyerang kalian. Perangilah orang yang memerangi kalian.”

Khalid kembali meneruskan perjalanannya menuju perbatasan Syam. Kemenangan yang diperoleh orang-orang Islam di Irak dari orang Persi menimbulkan harapan diperolehnya kemenangan yang sama dari orang Romawi di Syria.

Abu Bakr mengerahkan sejumlah pasukan dan untuk mengepalainya dipilihnya dari kelompok panglima yang mahir seperti Abu Ubaidah bin Jarrah, Amar bin Ash, Yazid bin Abi Sufyan, dan Muawiyah bin Abi Sufyan.

Kaisar Romawi sebenarnya telah memerintahkan jajarannya agar berdamai saja dengan pasukan muslimin. Namun, jenderal-jenderal Romawi bersikeras akan memerangi Abu Bakar dan Islam. Mereka mempersiapkan 240 ribu tentara. Mendengar persiapan Romawi ini, Khalifah Abu Bakr berkata, “Demi Allah, semua kekhawatiran dan keragu-raguan mereka akan kusembuhkan dengan kedatangan Khalid.”

Apa yang dimaksud Abu Bakr dengan kekhawatiran dan keragu-raguan adalah akan hilangnya disiplin, pembangkangan, dan kemusyirikan.  Sedangkan kesembuhan adalah perintah berangkat ke Syam dari Khalifah kepada Khalid.  Untuk menuju Syam, Khalid menyerahkan kepemimpinan di Irak kepada Mutsana bin Haritsah. Kemudian dibawanya prajurit pilihan menuju Syam atau Syria.

Pada medan perang, setelah memuji Allah SWT, Khalid berorasi:

Hari ini adalah hari-hari Allah. Tak pantas kita di sini berbangga-bangga dan berbuat durhaka. Ikhlaskanlah jihad kalian, dan harapkan ridha Allah dengan amalmu. Mari kita bergantian memegang pimpinan, yaitu secara bergiliran. Hari ini salah seorang memegang pimpinan, besok yang lain, lusa yang lain lagi. Sehingga seluruhnya mendapat kesempatan memimpin.”

Orang-orang Islam yang sebelum kedatangan Khalid merasa gentar dan cemas, menyebabkan rasa gelisah dan keluh kesah memenuhi jiwa mereka. Tetapi iman mereka membuat segala pengabdian dalam gelap hati itu menjadi terang menimbulkan harapan akan kemenangan.

Khalifah Abu Bakr sangat percaya Khalid dapat mengatasi segala masalah “Demi Allah segala kekhawatiran mereka akan kulenyapkan dengan Khalid. Biarkan orang-orang Romawi dengan segala kehebatannya itu datang. Bukankah bagi kaum muslimin ada tukang pukulnya?”

Khalid adalah seorang pemimpin yang tegas. Salah satu kekhawatirannya adalah larinya pasukan muslimin terutama mereka yang baru saja masuk Islam. Rahasia kemenangan Khalid adalah tsabat. Ia tidak ingin mereka yang lari dari peperangan mempengaruhi kekuatan seluruh pasukan lainnya. Maka ia memerintahkan perempuan muslimin dan untuk pertama kalinya diberi senjata. Mereka bukan untuk berperang, melainkan berada di belakang pasukan. Khalid memerintahkan siapa saja yang lari dari peperangan, para perempuan itu boleh membunuhnya.

Saat pertempuran terjadi, berhadapan dua pasukan. Panglima pasukan Romawi bernama Mahan berbicara dengan Khalid yang waktu itu mereka berada di atas kuda masing-masing.
“Kami mengetahui, bahwa yang mendorong kalian ke luar dari negeri kalian tak lain hanyalah kelaparan dan kesulitan, jika kalian setuju, saya beri masing-masing kalian 10 dinar lengkap dengan pakaian dan makanan, asalkan kalian pulang kembali ke negeri kalian. Di tahun yang akan dating saya kirimkan sebanyak itu pula.”

Sambil menggeretakkan gigi gerahamnya karena menahan geram, Khalid memilih untuk berkata-kata baik.

“Bahwa yang mendorong kami keluar dari negeri kami, bukan karena lapar seperti yang anda sebutkan tadi, tetapi kami adalah satu bangsa yang biasa minum darah. Dan kami tahu benar, bahwa tak  ada darah yang lebih manis dan lebih baik dari darah orang-orang Romawi, karena itulah kami datang.”

Panglima Khalid menggerakkan kekang kudanya dan menyatakan dimulainya peperangan. “Allahu Akbar, berhembuslah angin surga.”

Saat berkecamuknya perang, salah seorang pasukan muslim bergerak mendekati Abu Ubaidah ibnul Jarrah ra. “Aku sudah bertekad mati syahid, apakah anda mempunyai pesan penting yang akan kusampaikan kepada Rasulullah, bila aku menemui nanti?”

Jawab Abu Ubaidah, “Ada, katakan kepada beliau, ya Rasulullah, sesungguhnya kami telah menemukan bahwa apa yang dijanjikan Allah kepada kami, memang benar.”

Laki-laki yang bertanya itupun berlalu, menyerang dengan kobaran semangat api membara. Ia menebas dengan sebilah pedang dan dirinya ditebas pula oleh seribu tebasan sehingga syahid. Ialah Ikrimah bin Abi Jandal. Benar,  ia adalah anak dari Abu Jabal. Sewaktu tekanan semakin keras terhadap pasukan muslim, ia berteriak, “Sungguh aku telah memerangi Rasulullah di masa yang lalu sebelum aku ditunjuki Allah masuk Islam, apakah pantas aku lari dari musuh-musuh Allah hari ini?” Ia berteriak lagi, “Siapakah yang bersedia dan berjanji untuk mati?” Pasukan muslim yang lain pun berjanji berjuang sampai mati.

Air Minum


Inilah kisah pengorbanan tiada tara dari pasukan muslim di jaman Khalid bin Walid yang masih teringat sampai sekarang. Peperangan Yarmuk yang dipimpinnya menyisakan cerita bagaimana tentara Allah kala itu yang telah sekarat saling memberikan kesempatan kepada saudara muslim lain yang terluka untuk minum. Seorang tentara yang terluka memberikan kesempatan minumnya  kepada yang lain, yang diberi memberi lagi kepada yang lain, dan seterusnya. Sampai akhirnya jiwa-jiwa yang tulus itu pun gugur satu persatu melewatkan setetes air minum demi cintanya kepada Islam.

Bayangkanlah, 100 orang tentara, hanya 100 orang dari pasukan Khalid, menyerang sisi kiri Romawi yang berjumlah 40 ribu. Khalid berseru kepada 100 orang yang bersamanya itu, “Demi Allah yang diriku di tanganNya. Tak ada lagi kesabaran dan ketabahan yang tinggal pada orang-orang Romawi, kecuali apa yang kamu lihat! Sungguh aku mengharap Allah memberikan kesempatan kepada kalian untuk menebas batang-batang leher mereka!”

Demikianlah mental kaum muslim kala itu. Kaum muslim yang dipimpin Khalifah Abu Bakr ra, seorang yang lurus dan benar yang panji-panji kekuasaannya menyebar ke jazirah Arab. Namun, kesederhanaannya membuatnya tetap memerah susu kambing dengan tangannya sendiri untuk diserahkan kepada para janda yang suami mereka tiada di medan perang.

Menjadi Perhatian Romawi


Kepempimpinan Khalid mengundang perhatian seorang panglima Romawi bernama Georgius. Maka pada suatu kesempatan mereka bertemu, berkata Georgius, “Tuan Khalid, jujurlah anda kepadaku, apakah Allah telah menurunkan sebilah pedang kepada Nabi anda dari langit, lalu pedang itu diberikannya kepada anda sehingga setiap hunusan terhadap siapapun pedang itu pasti membinasakan?”

Jawab Khalid, “Tidak!”

Orang itu bertanya lagi, “Mengapa anda dinamai pedang Allah?”

Jawab Khalid, “Sesungguhnya Allah telah mengutus RasulNya kepada kami, sebagian kami ada yang membenarkannya dan sebagian pula mendustakannya. Aku dulunya termasuk orang  yang mendustakannya, sehingga akhirnya Allah menjadikan hati kami menerima Islam, dan memberi petunjuk kepada kami melalui RasulNya, lalu kami berjanji setia kepadanya. Kemudian Rasul mendoakanku, dan beliau berkata kepadaku, ‘Engkau adalah pedang Allah di antara sekian banyak pedangNya’ Demikianlah maka aku diberi nama Pedang Allah.”

Pertanyaan demi pertanyaan diajukan Georgius.

“Kepada apa anda sekalian diserunya?”  Jawab Khalid, “Kepada mentauhidkan Allah dan kepada Islam.”

“Apakah orang-orang yang masuk Islam sekarang akan mendapat pahala dan ganjaran seperti anda juga?” Jawabnya, “Memang, bahkan lebih.”

“Bagaimana bisa  padahal anda sudah lebih dahulu memasukinya?” Jawab, “Karena sesungguhnya kami telah hidup bersama Rasulullah SAW dan sewajarnyalah bagi setiap orang yang telah melihat seperti yang kami lihat dan mendengar seperti yang kami dengar, akan masuk Islam dengan mudah. Adapun anda, wahai orang-orang yang belum pernah melihat dan mendengarnya, lalu anda beriman kepada yang ghaib, maka pahala anda lebih berlipat ganda dan besar, bila anda membenarkan Allah dengan hati ikhlas serta niat yang suci.”

Panglima Romawi itu pun berseru, “Ajarkanlah kepadaku Islam itu, hai Khalid!” Maka masuklah ia pada Islam, mempelajari sholat dengan cepat dan hanya sempat melakukan dua rakaat sholat. Itulah sholatnya yang pertama dan terakhir. Peperangan berlanjut, namun Georgius telah mengganti haluannya membela pasukan muslim. Hanya dalam waktu kehidupannya yang singkat sebagai muslim, panglima Romawi itu pun syahid.

Menyarungkan Pedang


Pada suatu hari masih di medan peperangan, datanglah sepucuk surat kepada Khalid bin Walid. Surat dibawa oleh kurir Khalifah Umar bin Khattab. Surat itu mencantumkan salam penghargaan Al faruq dari Amirul Mukminin dan berita mengenai kepergian Abu Bakr shiddiq ra. Khalifah Umar bin Khattab telah memutuskan untuk menggantikan posisi Khalid dengan Abu Ubaidah bin Jarrah.

Peperangan melawan Romawi tetap berlanjut. Secara bijaksana Khalid meminta pembawa berita untuk tidak memberitahukan mengenai isi surat tersebut siapapun. Ia menyembunyikan segala berita mengenai kepergian Abu Bakr dan penggantian dirinya. Sampai suatu saat kemenangan pasukan telah diraihnya dari tentara Romawi.

Pada riwayat lain, surat itu dikirimkan kepada Abu Ubaidah yang kala itu ikut berperang bersama Khalid. Ia menyembunyikan isi surat sampai Khalid sendiri yang memutuskan kepemimpinan pasukan perang di sana.

Sampai pada satu waktu dalam suasana yang sangat tepat, Khalid memanggil Abu Ubaidah di depan pasukan muslim lainnya. Khalid memberi hormat kepadanya dan menyerahkan kepemimpinan pasukan. Semula Abu Ubaidah merasa itu sebagai olok-olok sampai ia merasa kebenarannya. Maka diciumnya Khalid di antara kedua matanya. Abu Ubaidah memuji kebesaran jiwa dan akhlaqnya.

Khalifah Umar bin Khattab melihat pedang Khalid sangatlah cepat. “Sesungguhnya pada pedang Khalid itu ada rohaqnya,” demikian penilaian Umar bin Khattab. Rohaq maksudnya ketajaman atau ketergesaan. Maka dijawab Abu Bakar,  “Aku tak akan menyarungkan pedang yang telah dihunus Allah atas orang-orang kafir.”

Khalid adalah pejuang perang semenjak kecilnya. Lingkungannya, pendidikannya dan seluruh kehidupannya adalah bentangan jiwa pejuang penunggang kuda yang lihai dan ditakuti. Pedangnya adalah salah satu penebusan kesalahannya sewaktu dirinya masih jahiliyah dan memerangi Islam.

Pada suatu saat usai penaklukan Mekah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam telah memerintahkan Khalid menjadi dai atau penyeru Islam kepada sebuah kabilah yang berdekatan. “Aku mengutusmu sebagai dai, penyeru umat, bukan sebagai penyerang mereka.” Demikian pesan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam. Namun, pedangnya telah menguasai Khalid sehingga malah menyerang kabilah tersebut.

Sambil menghadap kiblat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam berucap, “Ya Allah, aku berlepas diri kepadaMu dari tindakan yang telah dilakukan Khalid.” Akhirnya diutuslah Ali bin Abi Thalib kepada kabilah tersebut untuk memberikan tebusan ganti rugi atas kehilangan darah dan harta mereka.

Khalid pernah berada di tempat jahiliyah. Maka saat tempatnya berdiri telah berpindah kepada Islam, Khalid lah yang meruntuhkan patung-patung di Kabah dengan tangannya. Ia meruntuhkan berkala-berkala itu sambil berteriak, “ya Uzza  kufranak, la subhanak! Hai Uzza keparat kau, persetan dengan kebesaranmu. Sungguh kulihat Allah telah menghinakanmu!” Usai itu, dibakarnya semua berkala.

Seorang wanita berkata, “Tak seorang wanita pun akan sanggup melahirkan lagi laki-laki seperti Khalid!”

Demikianlah sampai akhirnya pedang Khalid yang terhunus disarungkannya kembali seiring pergantian keKhalifahan. Lalu pada suatu hari, Si Pedang Allah itu dipanggil menghadap Allah Subhana Wata’ala. Khalifah Umar bin Khattab menangis sejadi-jadinya.
Apa yang dilakukan Umar bin Khattab mengganti kepemimpian Khalid hanyalah ingin mengurangi kefanatikan yang berlebih-lebihan dari kaum muslim terhadap diri panglima tersebut.  Umar memberikan kesempatan jeda baginya sesaat untuk beristirahat. Semua orang mengenal Khalid bin Walid sebagai orang yang tak pernah berisitirahat. “Orang yang tidak pernah tidur dan tidak membiarkan orang lain tidur.” Namun, kini jiwa pejuang itu telah berpulang.

Khalid pernah berucap mengenai semangat perangnya. “Tak ada yang dapat menandingi kegembiraan bahkan lebih gembira dari saat malam pengantin atau di saat dikaruniai bayi, yaitu saat malam yang sangat genting di mana aku dengan tentara bersama orang-orang Muhajirin menggempur kaum musyirikin di waktu subuh!”

Khalid adalah pejuang perang. Kematian di medan perang adalah cita-citanya. Kala ia harus menyarungkan pedangnya, tak ada keinginan lain yang diiinginkannya selain kematian di tempat tidur tak membuatnya menjadi dianggap seorang penakut, dan membuat orang-orang kafir pengecut bersuka ria.

“Aku telah ikut serta dalam pertempuran di mana-mana. Seluruh tubuhku penuh dengan tebasan pedang, tusukan tombak serta tancapan panah. Kemudian inilah aku… tidak sebagai yang ku ingini, mati atas tempat tidur, laksana matinya seekor kuda! Maka akan tertidur mata orang-orang pengecut.”

Tak ada warisan yang ditinggalkam Khalid selain kuda perang dan pedangnya.  Hanya dengan kedua benda itulah ia memberikan seluruh waktunya yang digunakan untuk membela agama Allah. Khalid tak menginginkan hal lainnya di dunia ini.

Selain kuda perang dan pedang, satu benda lagi yang selalu dijaganya hati-hati yaitu kopiahnya. Suatu kali kopiahnya jatuh di medang perang sehingga menyusahkannya dan orang-orang lain. Seseorang mencelanya lantaran kopiah tersebut. Khalid mengatakan bahwa di dalam kopiah tersebut terdapat sehelai rambut dari ubun-ubun Rasulullah Shalllallahu Alalihi Wassalam.

Saat jenazahnya di usung keluar rumah, ibundanya berucap…

Orang-orang tidak dapat melebihi keutamaanmu
Mereka gagah perkasa tapi tunduk di ujung pedangmu
Engkau pemberani melebihi singa betina
Yang sedang mengamuk melindungi anaknya
Engkau lebih dahsyat dari air bah
Yang terjun dari celah bukit curam ke lembah.”

Mendengar sang ibu, Umar berkata, “Benar ucapannya! Demi Allah sungguh-sungguh demikian.”

Saat kuburan Khalid telah tertutup, ringkikan kudanya terdengar. Tali kekangnya terlepas. Kuda itu berlari mengitari kota Madinah sampai akhirnya tiba di makan tuannya.  Kuda itu mengelus-eluskan kepalanya di atas makam, dari matanya keluar air.  Kuda dan pedang Khalid telah diwakafkan Khalid kepada umat. Tapi, seperti si kuda, semua orang tahu, tak ada lagi yang akan menjadi pejuang penunggang kuda sejati seperti Khalid.

Suatu kali Khalid berkata mengenai perjalanannya di malam hari untuk menyerang musuh di kala subuh. “Saat subuh datang menjelma, pejalan-pejalan malam memuji suka.” Demikianlah Khalid bin Walid, telah melalui malam-malamnya dalam peperangan. Ia telah menemui subuhnya dengan kemenangan.

Umar bin Khattab melepas kepergiannya,

Rahmat Allah bagi Abu Sulaiman.
Apa yang di sisi Allah lebih baik daripada yang di dunia.
Ia hidup terpuji dan berbahagia setelah mati.

Salam untukmu Khalid bin Walid. Salam untukmu pada syuhada.


Asmaul Husna: Al Muqtadir


Yang Maha Kuasa

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّنَهَرٍ 
فِيْ مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيْكٍ مُّقْتَدِرٍ

"Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman dan sungai-sungai, di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa."
QS. Al-Qamar 54: 54-55


Allah adalah yang Maha Kuasa yang memiliki kekuasaan dan penguasaan mutlak. Tidak ada yang melampaui kekuasaanNya.

Al Muqtadir dan Al Qadir sama-sama artinya kekuasaan, tetapi Al Muqtadir mengandung makna bahwa penguasaan itu timbul dari sifat Allah itu sendiri, dan ia bersifat mutlak dan umum, yang tidak dihubungkan dengan segala sesuatu tugas khusus.


وَاضْرِبْ لَهُمْ مَّثَلَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا كَمَآءٍ اَنْزَلْنٰهُ مِنَ السَّمَآءِ فَاخْتَلَطَ بِهٖ نَبَاتُ الْاَرْضِ فَاَصْبَحَ هَشِيْمًا تَذْرُوْهُ الرِّيٰحُ   ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا

"Dan buatkanlah untuk mereka (manusia) perumpamaan kehidupan dunia ini, ibarat air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, sehingga menyuburkan tumbuh-tumbuhan di bumi, kemudian (tumbuh-tumbuhan) itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."
QS. Al-Kahf 18:45


Allah memperlihatkan esensi dari KemahakuasaanNya dengan tindakan-tindakan yang mampu dilakukanNya.


فَاِمَّا نَذْهَبَنَّ بِكَ فَاِنَّا مِنْهُمْ مُّنْتَقِمُوْنَ 
اَوْ نُرِيَنَّكَ الَّذِيْ وَعَدْنٰهُمْ فَاِنَّا عَلَيْهِمْ مُّقْتَدِرُوْنَ

"Maka sungguh, sekiranya Kami mewafatkanmu (sebelum engkau mencapai kemenangan), maka sesungguhnya Kami akan tetap memberikan azab kepada mereka (di akhirat), atau Kami perlihatkan kepadamu (azab) yang telah Kami ancamkan kepada mereka. Maka sungguh, Kami berkuasa atas mereka."
QS. Az-Zukhruf 43: 41- 42


Apabila ganti rugiNya dibagikan kepada bangsa-bangsa bebal yang tidak percaya, itu adalah hukuman yang keras dan menyeluruh.


كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا كُلِّهَا  فَاَخَذْنٰهُمْ اَخْذَ عَزِيْزٍ مُّقْتَدِرٍ

"Mereka mendustakan mukjizat-mukjizat Kami semuanya, maka Kami azab mereka dengan azab dari Yang Maha Perkasa, Maha Kuasa."
QS. Al-Qamar 54:42



Apapun Yang terjadi terhadap dunia itu adalah kehendak Allah.  

Alhamdulillah

Berhati-Hati Memilih Orang Kepercayaan




Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. QS Al Maidah 5:51


Inilah sebuah kisah tentang bagaimana Khalifah Umar bin Khatab ra menerapkan ayat ini dalam kepemimpinannya. Pada tafsir Ibnu Katsir disebutkan, Allah Subhana Wa Ta’ala melarang hamba-hambaNya yang mukmin mengangkat orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai wali mereka, karena mereka adalah musuh Islam dan para penganutnya. Allah memberitahukan bahwa sebagian mereka adalah wali bagi sebagian yang lain.

Ibnu Abu Hatim mengatakan, telah menceritakan Kasir ibnu Syihab, telah menceritakan Muhammad (yakni Ibnu Said ibnu Sabiq), telah menceritakan Amr ibnu Abu Qais, dari Sammak ibnu Harb, dari Iyad:

“Umar bin Khatab pernah memerintahkan Abu Musa Al Asyari untuk melaporkan kepadanya tentang semua yang diambil dan yang diberikannya (yakni pemasukan dan pengeluarannya) dalam suatu catatan lengkap. Tersebutlah bahwa yang menjadi sekretaris Abu Musa Al Asyari adalah seorang Nasrani. Kemudian hal tersebut dilaporkan kepada Khalifah Umar bin Khatab.

Maka, Khalifah Umar merasa heran akan hal tersebut, lalu ia berkata, “Sesungguhnya orang ini benar-benar pandai, apakah kamu dapat membacakan untuk kami sebuah surat (mengenai catatan tersebut) yang datang dari negeri Syam di dalam masjid?” Abu Musa Al Asyari menjawab, “Dia tidak dapat melakukannya (karena pencatat itu Nasrani sehingga terlarang memasuki tanah suci).” Khalifah Umar bertanya lagi, “Apakah dia sedang mempunyai jinabah (junub)?” Abu Musa menjawab, “Tidak, tetapi dia adalah seorang nasrani.” 

Maka Khalifah Umar membentakku dan memukul pahaku lalu berkata, “Pecatlah dia.” Selanjutnya KhalifahUmar membacakan firman Allah: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi wali (kalian).” Qs Al Maidah 51.

Demikianlah ketegasan Khalifah Umar bin Khatab ra.  Ayat ini menjadi landasan bagi muslim untuk tidak menyerahkan urusan penting kepada non muslim atau mempercayakan mereka sebagai wali. 

Alhamdulillah
#quran  

Asamaul Husna: AL KHOLIQ





Sang Pencipta

Apa yang bisa diciptakan Tuhan-Tuhan palsu? Tidakkah Dia Sang Pencipta langit dan bumi, yang mampu mencipta orang-orang seperti mereka? Dia adalah Maha Pencipta Yang Maha Mengetahui



Katakanlah: "Siapakah Tuhan langit dan bumi?" Jawabnya: "Allah". Katakanlah: "Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi diri mereka sendiri?". Katakanlah: "Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?" Katakanlah: "Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dialah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa". QS Ar Rad 13:16

Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu.


Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatuKepunyaan-Nya-lah kunci-kunci (perbendaharaan) langit dan bumi. Dan orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi. 
QS Az Zumar 39:62-63

Tak ada yang bisa diciptakan dari sesembahan selain penciptaan dari Allah



Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmu kepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan(mu) selain Allah. Sebenarnya orang-orang yang zalim itu berada di dalam kesesatan yang nyata. QS Lukman 31:11


Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah. 
QS Al Haj 22:73

Ciptaan Allah adalah tanda-tanda keberadaan Allah




Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. QS Ali Imran 3:190-191


Keseluruhan dunia diciptakan sedemikian baiknya untuk manusia adalah karunia dari Allah.

Alhamdulillah

Asmaul Husna: AL HAQQ


Al Haqq - Allah yang Maha Benar 

Kebenaran pada sisi manusia adalah relatif karena manusia adalah makhluk yang penuh khilaf, penuh kesalahan. Namun Allah Subhana Wa Taala adalah Sang Kebenaran, karena Dialah yang Maha Benar. Hanya pada sisiNya kebenaran adalah mutlak.

… dan tahulah mereka bahwa Allah-lah yang benar…


“Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yang setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka bahwa Allah-lah yang benar, lagi yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya).” QS An Nuur 24:25

Sesungguhnya Allah, Dialah yang hak (benar)…



“Demikianlah, Karena Sesungguhnya Allah, Dia-lah yang hak (*) dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah Itulah yang batil; dan Sesungguhnya Allah dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar.” QS Lukman 31:30

(*) Maksudnya: Allah-lah Tuhan yang Sebenarnya, yang wajib disembah, yang berkuasa dan sebagainya.

Maka itulah Allah, Tuhan kamu yang sebenarnya. Maka tidak ada sesudah kebenaran itu melainkan kesesatan…


“Maka (Zat yang demikian) Itulah Allah Tuhan kamu yang Sebenarnya; Maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kamu dipalingkan (dari kebenaran)?” QS Yumus 10:32

Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar…



“Dan dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan benar. dan benarlah perkataan-Nya di waktu dia mengatakan: "Jadilah, lalu terjadilah", dan di tangan-Nyalah segala kekuasaan di waktu sangkakala ditiup. dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. dan dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.” QS Al An An’am 6:73

… Katakanlah, Allah-lah yang menunjuki kepada kebenaran…



“Katakanlah: "Apakah di antara sekutu-sekuturmu ada yang menunjuki kepada kebenaran?" Katakanlah "Allah-lah yang menunjuki kepada kebenaran". Maka apakah orang-orang yang menunjuki kepada kebenaran itu lebih berhak diikuti ataukah orang yang tidak dapat memberi petunjuk kecuali (bila) diberi petunjuk? Mengapa kamu (berbuat demikian)? bagaimanakah kamu mengambil keputusan?” QS Yunus 10:35

Allah telah menurunkan Alkitab dengan membawa kebenaran…



“Yang demikian itu adalah Karena Allah Telah menurunkan Al Kitab dengan membawa kebenaran; dan Sesungguhnya orang-orang yang berselisih tentang (kebenaran) Al Kitab itu, benar-benar dalam penyimpangan yang jauh (dari kebenaran).” QS Al Baqarah 2:176

Berlindung kepada yang Maha Benar
Inilah perilaku Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam untuk berlindung kepada yang memiliki kebenaran mutlak, Allah Subhana Wa Taala. Pada malam-malamnya saat hendak mengerjakan sholat tahajud, Beliau tak melupakan untuk memuji dan meminta pengampunan pada Sang Maha Benar.

Dari Ibnu Abbas ra, katanya, apabila Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam bangun di tengah malam hendak sholat tahajud, beliau membaca:

" اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، قَوْلُكَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَأَسْرَرْتُ وَأَعْلَنْتُ، أَنْتَ إِلَهِي لاَ إِلَهَ لِي غَيْرُكَ ". _
Wahai Allah, UntukMulah segala puji, Engkau penanggung langi dan bumi beserta isinya. UntukMulah segala puji, Penguasa langit dan bumi dan segala isinya. UntukMulah segala puji Cahaya langit dan bumi. UntukMulah segala puji. Engkau Maha Benar, janjiMu maha benar, menemui Engkau maha benar, firmanMu maha benar, surga maha benar, neraka maha benar, para Nabi maha benar, dan Muhammad maha benar, dan hari kiamat maha benar. Wahai Allah, saya pasrah kepadaMu, dan dengan Engkau aku beriman, kepada Engkau aku menyerah, dan kepada Engkau aku kembali, dan karena Engkau aku bermusuhan, dan kepada Engkau aku meminta hukum.
Karena itu, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu dan yang terakhir, ampunilah apa yang kurahasiakan maupun yang kunyatakan,Engkau lah yang mendahulukan dan yang mengemudiankan, tidak ada Tuhan melainkan hanya Engkau, dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan di tangan Engkau.” – Hadist Riwayat Bukhari

Alhamdulillah