Asmaul Husna: Al Hayy



Al Hayy
Yang Maha Hidup 

هُوَ الْحَيُّ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ فَادْعُوْهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ۗ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ
"Dialah yang hidup kekal, tidak ada Rabb selain Dia; maka sembahlah Dia dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya. Segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam."
(QS. Ghafir 40:65)

Allah ﷻ adalah yang Maha Hidup yang kehidupan-Nya itu sempurna. Dia tidak mengalami kematian, tidak terserang sesuatu atau tergantung pada apapun.

Kehidupan yang sempurna yang terdiri dari semua atribut, pendengaran sempurna, pengelihatan, pengetahuan dan lainnya yang serba sempurna.

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۙ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ
"Allah, tidak ada Rabb selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya)."
(QS. Ali 'Imran 3: 2)

Allah ﷻ adalah satu-satunya sumber kehidupan alam semesta. Tidaklah mungkin bagi makhluk untuk menciptakan kehidupan, bahkan makhluk tak memiliki kendali atas kehidupan apapun.

وَاتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖۤ اٰلِهَةً لَّا يَخْلُقُوْنَ شَيْئًـا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَ وَلَا يَمْلِكُوْنَ لِاَنْفُسِهِمْ ضَرًّا وَّلَا نَفْعًا وَّلَا يَمْلِكُوْنَ مَوْتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوْرًا
"Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Dia (untuk disembah), padahal mereka (tuhan-tuhan itu) tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat (mendatangkan) manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan, dan tidak (pula) membangkitkan."
(QS. Al-Furqan 25: 3)

Seorang yang beriman hanya akan menyandarkan dirinya kepada Yang Hidup.

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْحَـيِّ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ وَسَبِّحْ بِحَمْدِهٖ ۗ وَكَفٰى بِهٖ بِذُنُوْبِ عِبَادِهٖ خَبِيْرَا
"Dan bertawakallah kepada Allah Yang Hidup, Yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha Mengetahui dosa hamba-hamba-Nya,"
(QS. Al-Furqan 25: 58)

Hanya Dia yang memberi petunjuk kepada hati yang telah mati.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan