Istighfar di Ujung Malam




Penghabisan malam adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa kepada Allahﷻ. Salah satunya memohon ampunan kepada-Nya.

Mencatat ulang Al Quran surat Ali Imran 14-17
Bismillahi Rahmaani Rahiim
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالْبَـنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَـيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَـرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚ وَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ
قُلْ اَؤُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرٍ مِّنْ ذٰ لِكُمْ ۗ لِلَّذِيْنَ اتَّقَوْا عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَاَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّرِضْوَانٌ مِّنَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِالْعِبَادِ
اَلَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَاۤ اِنَّنَاۤ اٰمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
اَلصّٰــبِرِيْنَ وَالصّٰدِقِــيْنَ وَالْقٰنِتِــيْنَ وَالْمُنْفِقِيْنَ وَالْمُسْتَغْفِرِيْنَ بِالْاَسْحَارِ

"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik." (14)
"Katakanlah, Maukah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu? Bagi orang-orang yang bertakwa (tersedia) di sisi Rabb mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, dan pasangan-pasangan yang suci, serta rida Allah. Dan Allah Maha Melihat hamba-hamba-Nya." (15)
"(Yaitu) orang-orang yang berdoa, Ya Rabbi, kami benar-benar beriman, maka ampunilah dosa-dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka." (16)
"(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya, dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar." (17)
Shodaqollahul'adziim

Allah ﷻ menyebutkan beragam kesenangan hidup di dunia. Namun, tempat kembali di sisi Allah ﷻ lebih baik dari itu semua. Orang-orang yang mendapatkan tempat kembali yang baik adalah mereka yang berdoa, yang sabar, benar, taat, berinfak dan memohon ampun sebelum fajar (بِالْاَسْحَارِ).

Kata اسحار dari سحر atau sahur adalah waktu menjelang fajar. Ayat 17 menunjukkan keutamaan berdoa dan beristighfar di waktu sahur, manakala sholat tahajud atau pada bulan Ramadhan saat mengakhirkan sahur puasa. Tidak ada doa khusus saat menyantap sahur, namun inilah waktu diijabahnya doa.

Rasulullah ﷺ bersabda:

«يَنْزِلُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى فِي كُلِّ لَيْلَةٍ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثلث الليل الأخير، فَيَقُولُ: هَلْ مِنْ سَائِلٍ فَأُعْطِيَهُ؟ هَلْ مِنْ دَاعٍ فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ هَلْ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ؟

(Rahmat) Allah turun pada tiap malam ke langit dunia, yaitu di saat malam hari tinggal sepertiganya lagi, lalu Dia berfirman, "Apakah ada orang yang meminta, maka Aku akan memberinya? Apakah ada orang yang berdoa, maka Aku memperkenankannya? Dan apakah ada orang yang meminta ampun, maka Aku memberikan ampunan kepadanya."
(Dalam berbagai riwayat)

Ibnu Katsir menyebutkan mengenai doa di waktu sahur ini sebagaimana dilakukan oleh nabi Ya'qub alaihissalam yaitu saat mengatakan kepada anak-anaknya akan berdoa di akhir malam.
سَوْفَ أَسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّي

"Aku akan memohonkan ampun bagi kalian kepada Rabbku." (Quran surat Yusuf 98)



Rasulullah ﷺ telah mencontohkan bagaimana peribadatannya di akhir malam sebagaimana diberitakan Aisyah radhiyallhuanha. Hal ini juga ditiru oleh para sahabat Rasulullah ﷺ seperti Abdullah ibnu Umar ra dan Ibnu Mas'ud ra.

"Hai Nafi’, apakah waktu sahur telah masuk?" demikian pertanyaan Abdullah Ibnu Umar suatu malam. Ia lalu melaksanakan sholat dan memohon ampun sampai waktu subuh.

Ibnu Mas'ud pun demikian. Dalam khusuknya sehingga terdengar oleh ayahanda Ibrahim ibnu Hatib, Ibnu Mas'ud berdoa, "Ya Rabbi, Engkau telah memerintahkan kepadaku, maka aku taati perintah-Mu; dan inilah waktu sahur, maka berikanlah ampunan bagiku."

Dari Anas ibnu Malik mengatakan bahwa para sahabat Rasulullah ﷺ bila melakukan salat sunnah di malam hari diperintahkan untuk melakukan istigfar di waktu sahur sebanyak tujuh puluh kali.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan