Heart, Mind, Body and Soul

Untuk menjaga keseimbangan hidup, setidaknya ada empat elemen yang harus dijaga yakni:

1. Heart, hati
… Ingatlah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal darah, yang apabila ia baik makla baiklah seluruh tubuh dan apabila ia buruk maka buruklah seluruh tubuh. Ketauhilah ia adalah hati. (HR Muslim diberitakan An-Nu’man bin Basyir).

2. Mind, pikiran
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” QS Al Alaq 96:1.
Abu Hurairah ra berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang berjalan di suatu jalan untuk menuntut ilmu pengetahuan, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR Muslim)

3. Body, tubuh
Bergerak, makan sehat, olahraga, pola hidup teratur, adalah beberapa hal yang secara medis diketahui dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW berabda: “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai oleh Allah daripada mukmin yang lemah, tetapi di tiap-tiap (seorang mukmin) itu ada kebaikan, maka berkeinginanlah (optimis) kepada apa-apa yang memberi manfaat dan minta tolonglah kepada Allah dan jangan merasa lemah, dan jika engkau tertimpa musibah janganlah berkata “seandainya saya berbuat seperti ini seperti ini seperti ini, tapi katakan ketetapan Allah, apa yang Dia kehendaki maka Dia kerjakan, karena perkataanmu tadi kamu telah membuka pintu untuk perbuatan syaitan.” (HR. Muslim)

4.Soul, Jiwa
“Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu.” QS As Syams 91:9

Kunci keseimbangan keempatnya adalah fokus kepada kehendak Allah Subhana Wata’ala dan berserah kepadaNya.

Allahu’alam

Alhamdulillah
Inspirasi dari Eddie Redzovic – The Deen Show

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan