Asmaul Husna: Al Hakim



Al Hakim - Maha Bijaksana

  إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ حَكِيمٌ
"Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."
QS. At-Taubah 9:t28


Kebijaksanaan adalah intisari dari ilmu pengetahuan,  semuanya milik Allah ﷻ. Rancangan Allah ﷻ dalam penciptaan alam begitu sempurna tanpa cela, Semua memiliki tujuan. Kebijaksanaan-Nya dalam bentuk penciptaan yang begitu akurat,  menghasilkan keseimbangan dan keselarasan.

ذٰلِكَ عٰلِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهٰدَةِ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ
الَّذِىٓ أَحْسَنَ كُلَّ شَىْءٍ خَلَقَهُ ۥ   ۖ  وَبَدَأَ خَلْقَ الْإِنْسٰنِ مِنْ طِينٍ
ثُمَّ جَعَلَ نَسْلَهُ ۥ  مِنْ سُلٰلَةٍ مِّنْ مَّآءٍ مَّهِينٍ
ثُمَّ سَوّٰىهُ وَنَفَخَ فِيهِ مِنْ رُّوحِهِۦ  ۖ  وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصٰرَ وَالْأَفْئِدَةَ  ۚ  قَلِيلًا مَّا تَشْكُرُونَ

"Yang demikian itu, ialah Rabb yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, Yang Maha Perkasa, Maha Penyayang, yang memperindah segala sesuatu yang Dia ciptakan dan yang memulai penciptaan manusia dari tanah, kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh (ciptaan)-Nya ke dalam (tubuh)nya dan Dia menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati bagimu, (tetapi) sedikit sekali kamu bersyukur."
As-Sajdah 32:6-9


Kebijaksanaan Allah ﷻ meliputi kebenaran sehingga tak mungkin manusia menyangkalnya.

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَآءَ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا لٰعِبِينَ
"Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan segala apa yang ada di antara keduanya dengan main-main."
QS. Al-Anbiya 21: 16


Allah ﷻ adalah sumber kebijaksanaan.  Siapa di antara manusia yang mendaoat hidayah untuk bijkasana dalam hidupnya adalah benar-benar mereka yang telah beroleh rahmat.

يُؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَآءُ  ۚ  وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا  ۗ  وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُولُوا الْأَلْبٰبِ
"Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat."
QS. Al-Baqarah 2: 269

Kata Al Hakjm banyak sekali ditemui dalam Al Quran,  sebagai tanda salah satu nama-Nya yang utama. Kebijaksanaan Allah ﷻ dituangkan dalam kitab mulia Al Quran yang didalamnya terdapat banyak hikmah.

ذٰلِكَ مِمَّآ أَوْحٰىٓ إِلَيْكَ رَبُّكَ مِنَ الْحِكْمَةِ  ۗ  وَلَا تَجْعَلْ مَعَ اللَّهِ إِلٰهًا ءَاخَرَ فَتُلْقٰى فِى جَهَنَّمَ مَلُومًا مَّدْحُورًا
"Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Rabb kepadamu (Muhammad). Dan janganlah engkau mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, nanti engkau dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela dan dijauhkan (dari rahmat Allah)."
QS. Al-Isra' 17: 39


إِنَّ هٰذِهِۦ تَذْكِرَةٌ  ۖ  فَمَنْ شَآءَ اتَّخَذَ إِلٰى رَبِّهِۦ سَبِيلًا 
وَمَا تَشَآءُونَ إِلَّآ أَنْ يَشَآءَ اللَّهُ  ۚ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا

"Sungguh, (ayat-ayat) ini adalah peringatan, maka barang siapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) tentu dia mengambil jalan menuju Tuhannya. Tetapi kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali apabila dikehendaki Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."
QS. Al-Insan 76: Ayat 29-30


Termasuk kebijaksanaan dalam bertindak yaitu tidak terlalu mencintai dunia.


Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan