Asmaul Husna: Al Hadi



Al Hadi - Sang Pemberi Petunjuk

Manusia diciptakan Allah Subhanahu wa Taala dan bersamaan dengan itu diturunkanlah pula petunjuk kepadanya. Selama manusia meyakini kebenaranNya dan mensyukurinya.

وَكَذٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ  نَبِيٍّ عَدُوًّا مِّنَ الْمُجْرِمِيْنَ  ؕ  وَكَفٰى بِرَبِّكَ هَادِيًا وَّنَصِيْرًا
"Begitulah, bagi setiap nabi, telah Kami adakan musuh dari orang-orang yang berdosa. Tetapi cukuplah Tuhanmu menjadi pemberi petunjuk dan penolong."
(QS. Al-Furqan 25:31)

Allah memberi petunjuk manusia menuju ke arah kebenaran dan kebaikan. Keyakinan adalah awal dari dilimpahkan olehNya petunjuk.

وَّلِيَـعْلَمَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ اَنَّهُ الْحَـقُّ مِنْ رَّبِّكَ فَيُؤْمِنُوْا بِهٖ فَـتُخْبِتَ لَهٗ قُلُوْبُهُمْ   ؕ  وَاِنَّ اللّٰهَ لَهَادِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
"dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu meyakini bahwa (Al-Qur'an) itu benar dari Tuhanmu, lalu mereka beriman dan hati mereka tunduk kepada-Nya. Dan sungguh, Allah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus."
(QS. Al-Hajj 22:54)

Semakin tulus dan murni keyakinan, semakin banyak Allah menuntun hambaNya pada petunjuk untuk memahami caraNya dan menerima keputusanNya.

وَالَّذِيْنَ اهْتَدَوْا زَادَهُمْ هُدًى وَّاٰتٰٮهُمْ  تَقْوٰٮهُمْ
"Dan orang-orang yang mendapat petunjuk, Allah akan menambah petunjuk kepada mereka dan menganugerahi ketaqwaan mereka."
(QS. Muhammad 47:17)


اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ يَهْدِيْهِمْ رَبُّهُمْ بِاِيْمَانِهِمْ ۚ  تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمُ  الْاَنْهٰرُ فِيْ جَنّٰتِ النَّعِيْمِ
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai."
(QS. Yunus:10:9)

Pada kebanyakan manusia, petunjuk datang dengan usaha untuk mencarinya.

وَالَّذِيْنَ  جَاهَدُوْا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا   ؕ  وَاِنَّ اللّٰهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِيْنَ
"Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridaan) Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik."
(QS. Al-'Ankabut 29:69)

Manusia diciptakan Allah SWT dengan kesempurnaan, yakni diberi akal. Maka mereka yang mempergunakan akalnya sebaik mungkin akan mendapatkan petunjukNya yang murni.

قَالَ رَبُّنَا الَّذِيْۤ اَعْطٰـى  كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهٗ ثُمَّ هَدٰى
"Dia (Musa) menjawab, "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan bentuk kejadian kepada segala sesuatu, kemudian memberinya petunjuk.""
(QS. Ta Ha 20:50)

Pada sebagian manusia lain tak mau menerima petunjuk yang telah jelas di depan mata. Mereka tak mensyulurinya.

اِنَّا هَدَيْنٰهُ السَّبِيْلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا  كَفُوْرًا
"Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur."
(QS. Al-Insan 76:3)

Lebih banyaklah berbicara dengan Allah dan kurangi dengan manusia.

Alhamdulillah
#Allah #Quran #asmaulhusna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan