Kisah Orang Disambar Petir

Keajaiban Al Quran Juz 13 Surat 13 Ayat 13

Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, demikian pula para malaikat karena takut kepadaNya. Dan Allah melepaskan halilintar, lalu mengenai siapa yang Dia kehendaki  dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah. Dan Dia lah Tuhan yang Maha keras siksaNya. Qs 13 Ar Rad 13.


Berikut kisahnya:

Pada suatu riwayat dikemukakan,  Arbad bin Qais dan Amir bin At Thufall menghadap Rasulullah SAW di Madinah.  Amir berkata, “Hai Muhammad! Jabatan apa yang akan engkau berikan kepadaku apabila aku masuk Islam?”

Rasulullah SAW menjawab, “Hak mu sama dengan hak kaum muslimin dan kewajibanmu serupa dengan kewajiban mereka.”  

Amir berkata lagi, “Apakah akan menjadikan aku pemimpin setelahmu?”

Jawab nabi, “Itu bukan urusanmu dan juga bukan urusan kaummu.”

Mereka berdua kemudian keluar. Berkatalah Amir kepada Arbad, “Aku akan ajak bicara Muhammad sehingga ia tidak memperhatikan kamu, dan pada  saat itulah kamu penggal  lehernya.”

Mereka lalu kembali lagi kepada Rasululah SAW dan Amir berkata, “Hai Muhammad! Mari kita bicarakan sesuatu.”

Berdirilah Rasulullah SAW bersama Amir dan bercakap-cakap dengannya. Pada waktu itu, Arbad telah siap-siap memegang hulu pedang untuk mencabutnya. Namun, tiba-tiba tangannya menjadi kaku tak berdaya. Rasulullah SAW berpaling dan melihat perbuatan Arbad.  Tanpa berkata-kata Rasulullah SAW meninggalkan keduanya. Mereka pun pulang. Sesampainya di kampung Raqm, Allah mengirimkan petir untuk menyambar Arbad sampai mati.

Riwayat lain menceritakan seorang sahabat yang diperintah Rasulullah SAW sebagai utusan kepada seorang pembesar jahiliyah untuk mengajaknya kepada agama Allah.

Berkatalah pembesar itu, “ Apakah Tuhanmu yang engkau ajak supaya aku menyembahNya itu dibuat dari besi, tembaga, perak atau dari mas?”

Utusan itu kembali melaporkan kejadian itu kepada Rasulullah SAW. Ia lalu diperintah kembali untuk menyeru sang pembesar jahiliyah sampai tiga kali. Setelah itu, Allah mengirimkan petir untuk menyambarnya sampai terbakar.

Turunlah Al Quran surat 13 ayat 13 setelah peristiwa itu. AllahuAkbar.


Dari buku Asbabun Nuzul Kisah Turunnya Ayat-Ayat Al Quran, karya Imam Jalaluddin As Suyuthi diterjemahkan Drs Cholil Uman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan