Quran At Thalaq 3, Allahﷻ Akan Mencukupkan Orang Bertawakal

 


Cukuplah bagi kita untuk selalu merasa tenang dengan salah satu bagian Al Quran surat At Thalaq 3


Bismillaahi Rahmaani Rahiim


وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ


Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya.

Shodaqollahul'adziim


Dari Abdullah ibnu Abbas radhiyallahu'anhu yang memberitahukan bahwa di suatu hari ia pernah dibonceng di belakang Rasulullah ﷺ, lalu Rasulullah ﷺ bersabda bertanya:


"يا غلام, إني معلمك كلمات: احفظ الله يحفظك, احفظ الله تجده تجاهك, وإذا سألت فاسأل الله, وإذا استعنت فاستعن بالله, واعلم أن الأمة لو اجتمعوا على أن ينفعوك, لم ينفعوك إلا بشيء كتبه الله لك, ولو اجتمعوا على أن يضروك, لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ ، رُفِعَتِ الْأَقْلَامُ ، وَجَفَّتِ الصُّحُفُ "


Hai para pemuda, sebenarnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat: Peliharalah (batasan-batasan) Allah, niscaya Dia akan memeliharamu. Ingatlah selalu Allah, niscaya engkau akan menjumpai-Nya di hadapanmu. Dan dalam kamu memohon, mohonlah kepada Allah; dan kamu meminta tolong, maka minta tolonglah kepada Allah. Dan ketahuilah bahwa umat ini seandainya bersatu untuk memberimu manfaat, mereka tidak dapat memberimu manfaat kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah untukmu. Dan seandainya mereka bersatu untuk menimpakan mudarat terhadap dirimu, niscaya mereka tidak dapat menimpakan mudarat terhadapmu kecuali dengan sesuatu yang telah ditetapkan Allah akan menimpa dirimu. Qalam telah dinaikkan (takdir telah ditetapkan) dan semua lembaran telah kering (telah penuh dengan catatan). (HR Ahmad) 


Dari Abdullah ibnu Mas'ud radhiyallahu'anhu yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:


"من نزل به حاجة فأنزلها بالناس كان قمنا أن لا تسهل حاجته, ومن أنزلها بالله أتاه أتاه أتاه برزو أتواجل" أ


"Barang siapa yang mempunyai suatu keperluan, lalu ia menyerahkannya kepada manusia, maka dapat dipastikan bahwa keperluannya tidak dimudahkan. Dan barang siapa yang menyerahkan keperluannya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, maka Allah akan mendatangkan rezeki yang segera atau memberinya kematian yang ditangguhkan (usia yang diperpanjang) . " (HR Ahmad)


Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan