Asmaul Husna: Al Baqi



Al Baqi - Maha Kekal

وَاللَّهُ خَيْرٌ وَأَبْقٰىٓ
Dan Allah lebih baik (pahala-Nya) dan lebih kekal (azab-Nya).
Quran Taha 73

Keberadaan Allahﷻ tidak akan pernah tiada.  Sedangkan makhluk akan punah. Allah ﷻ tidak bergantung kepada apapun untuk menunjang keberadaan-Nya.

كُلُّ شَىْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُۥ
Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah
Quran Al Qasas 88

Kemuliaan dan kemegahan di dunia akan berlalu,  alam semesta akan berakhir sesuai waktunya. Namun,  Allah ﷻ tetap hidup selamanya.

وَيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْإِكْرَامِ
"Dan tetap kekal Wajah Rabbmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan."
Quran Ar-Rahman 27

Mereka yang bijaksana memilih untuk bisa berlama-lama menikmati kekekalan yang akan diberikan-Nya daripada kegembiraan sementara di dunia.

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ  ۖ  وَمَا عِنْدَ اللَّهِ بَاقٍ  ۗ  وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوٓا أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
"Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."
Quran An-Nahl 96

وَسَارِعُوٓا إِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Rabbmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,"
Quran Ali 'Imran 133

Mereka yang bijaksana akan selalu mempersiapkan jawaban akan pertanyaan yang akan diajukan kepada setiap manusia di hari kiamat.

Dari Ibnu Mas'ud ra,  Rasulullah ﷺ bersabda:
ا تَزُوْلُ قَدَمَا ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ عَنْ عُمْرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ.
“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan, serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi)

Kesholehan menjadikan seseorang teguh menggapai ridha-Nya.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan