Seperti Anak Sendiri

Para ahli kitab telah mengetahui perihal kedatangan nabi akhir jaman, Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam. Namun, mereka tetap menyangkalnya dan tak beriman.

QS Al An’am 6:20

Bismillahi Rahmaani Rahiim

Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepadanya, mereka mengenalnya (Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman (kepada Allah).
Shodaqollahul’adzim

Pada satu riwayat dikemukakan bahwa an Nahham bin Zaid Qurdum bin Kaab dan Bahri bin Umar menghadap Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam dan berkata, “Hai Muhammad! Engkau tidak mengetahui bahwa ada Tuhan selain Allah.” Bersabdalah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, “Tidak ada Tuhan selain Allah. Dengan (membawa penjelasan) itu aku diutus dan kepada (kepercayaan) itu aku mengajak (dawah).” Maka Allah menurunkan ayat ini sebagai penegasan bahwa Allah adalah Maha Esa, sebagaimana mereka ketahui dari Kitab Taurat.

Allah Subhanahu Wa Taala menegaskan dalam ayat ini bahwa para ahli kitab sebenarnya telah mengetahui perihal kedatangan nabi akhir jaman dari kabar berita rasul terdahulu. Maka dikatakanlah bahwa mereka itu mengenal nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam seperti anak mereka sendiri. Para rasul Allah yang datang sebelum nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam telah memberitahukan mengenai sifatnya, ciri khasnya, negeri tempat tinggalnya, tempat hijrahnya sampai sifat-sifat umatnya. Sayangnya, saat nabi yang terakhir itu datang, para ahli kitab itu menyangkalnya. Sehingga Allah mengatakan pada akhir ayat, para ahli kitab yang menyangkal KeEsaan Allah dan kedatangan RasulNya sebagai orang-orang yang merugikan dirinya sendiri. Meskipun berita gembira itu telah jelas perihalnya, mereka tetap tidak beriman.  

ALLAHUMMA SHOLLI 'ALA MUHAMMAD WA 'ALA ALI MUHAMMAD

Alhamdulillah
#quran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan