Asmaul Husna: Ar Rahman



Ar Rahman – Sang Maha Pengasih

Allah yang Maha Pengasih. Dia mengasihi semua makhlukNya. Dia Maha Pemurah akan kasih sayang-Nya. Rahman  juga berasal dari rahma atau ampunan. Allah adalah pemberi berkah dan yang menangkal segala kejahatan. Melalui doa dan kerendahan diri  kita berharap kasih sayang-Nya.

قُلۡ هُوَ ٱلرَّحۡمَـٰنُ

“Katakanlah, Dia adalah Allah yang Maha Pengasih…” QS Al Mulk 67:29

Kasih sayang Allah diberikan kepada semua makhluk ciptaanNya. Tak terkecuali manusia, apakah manusia itu percaya kepadaNya atau tidak. Allah menyediakan segalanya bagi mereka dan memberi kesehatan, serta apa yang mereka minta.

نُصِيبُ بِرَحۡمَتِنَا مَن نَّشَآءُ‌ۖ وَلَا نُضِيعُ أَجۡرَ ٱلۡمُحۡسِنِينَ 

“…Kami melimpahkan rahmat Kami kepada siapa yang Kami kehendaki dan Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik.” QS Yusuf 12:56


ٱلرَّحۡمَـٰنُ (١) عَلَّمَ ٱلۡقُرۡءَانَ (٢) خَلَقَ ٱلۡإِنسَـٰنَ (٣) عَلَّمَهُ ٱلۡبَيَانَ (٤) ٱلشَّمۡسُ وَٱلۡقَمَرُ بِحُسۡبَانٍ۬ (٥) وَٱلنَّجۡمُ وَٱلشَّجَرُ يَسۡجُدَانِ (٦) وَٱلسَّمَآءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ ٱلۡمِيزَانَ (٧) أَلَّا تَطۡغَوۡاْ فِى ٱلۡمِيزَانِ (٨) وَأَقِيمُواْ ٱلۡوَزۡنَ بِٱلۡقِسۡطِ وَلَا تُخۡسِرُواْ ٱلۡمِيزَانَ (٩) وَٱلۡأَرۡضَ وَضَعَهَا لِلۡأَنَامِ (١٠) فِيہَا فَـٰكِهَةٌ۬ وَٱلنَّخۡلُ ذَاتُ ٱلۡأَكۡمَامِ (١١) وَٱلۡحَبُّ ذُو ٱلۡعَصۡفِ وَٱلرَّيۡحَانُ (١٢) فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ (١٣)

“(Allah) Yang Maha Pemurah, (1) Yang telah mengajarkan Al Qur’an. (2) Dia menciptakan manusia, (3) Mengajarnya pandai berbicara. (4) Matahari dan bulan [beredar] menurut perhitungan. (5) Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya. (6) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca [keadilan]. (7) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. (8)Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. (9) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk [Nya]. (10) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. (11) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. (12) Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (13)” QS Rahman 55:1-13

Rasulullah Shallalahu Alaihi Wassalam bersabda: "Allah telah menjadikan rahmat (kasih sayang) itu 100 bagian, dan Allah menahan di sisi-Nya pemberian terhadap 99 rahmat (pada hari kiamat). Dan Allah hanya menurunkan satu bagian rahmat ke bumi. Dari rahmat yang satu itu, para makhluk saling mengasihi, hingga binatang ternak pun mengangkat kakinya karena takut anaknya terinjak. (HR Muslim)

KepadaNya kita berdoa pada setiap langkah kehidupan kita dengan mengucapkan

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” QS 1:1


Mulailah dengan belajar mengasihi semua makhluk ciptaan Allah. 

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan