Asmaul Husna: As Sami'


As Sami' - Maha Mendengar

 إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ
"Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Melihat."
QS. Luqman 31:28

Allah mendengar segalanya,  tidak ada yang luput dari pendengaran-Nya dan tidak ada pujian ditujukan kepada-Nya yang terlewatkan.  

قَالَ لَا تَخَافَآ  ۖ  إِنَّنِى مَعَكُمَآ أَسْمَعُ وَأَرٰى
"Dia (Allah) berfirman, Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku bersama kamu berdua, Aku mendengar dan melihat."
QS. Ta-Ha 20:46

Apa yang manusia nyatakan,  apakah itu secara berbisik ataupun dengan teriakan keras,  Allah sanggup mendengarnya.  

وَإِنْ تَجْهَرْ بِالْقَوْلِ فَإِنَّهُ ۥ  يَعْلَمُ السِّرَّ وَأَخْفَى
"Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu, sungguh, Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi."
QS. Ta-Ha 20: 7

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ، عَنْ أَبِي مُوسَى، قَالَ كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فِي سَفَرٍ فَكُنَّا إِذَا عَلَوْنَا كَبَّرْنَا فَقَالَ ‏"‏ ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ، فَإِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا، تَدْعُونَ سَمِيعًا بَصِيرًا قَرِيبًا ‏"‏‏.‏ ثُمَّ أَتَى عَلَىَّ وَأَنَا أَقُولُ فِي نَفْسِي لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ‏.‏ فَقَالَ لِي ‏"‏ يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ‏.‏ فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ ‏"‏‏.‏ أَوْ قَالَ أَلاَ أَدُلُّكَ بِهِ‏.‏

Dari Abu Musa:
Kami sedang dalam perjalanan bersama Rasulullah ﷺ dan apabila kami mendaki ke bukit yang tinggi kami berteriak 'Allahu Akbar'.
Bersabda Rasulullah ﷺ, "Janganlah kalian menyusahkan diri kalian. Kalian tidak memanggil orang yang tuli dan bukan orang yang tidak ada.  Dia adalah yang Maha Mendengar,  Maha Melihat dan sangat dekat."
Lalu Beliau ﷺ menghampiriku saat hatiku sedang mengatakan 'La hawla wala quwwatta illa billah'. Beliau ﷺ berkata padaku,  "Hai Abdullah bin Qais,  katakanlah la hawla wala quwwatta illa billah (tidak ada daya  dan tidak ada kekuatan selain dari Allah) karena ia adalah perhiasan di surga." (HR Bukhari) 

Allah bisa mendengar bisikan terkecil sekalipun

Alhamdulillah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan