Asmaul Husna: Al Hasib


Al Hasib - Maha Memperhitungkan 

وَكَفٰى بِاللَّهِ حَسِيبًا
Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan.
Quran Al-Ahzab 39

Apakah kita menyatakan atau menyembunyikan apa yang terbersit dalam hati kita, semuanya itu akan diperhitungkan oleh Allah ﷻ.

إِنَّ إِلَيْنَآ إِيَابَهُمْ
ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ
"Sungguh, kepada Kamilah mereka kembali, kemudian sesungguhnya (kewajiban) Kamilah membuat perhitungan atas mereka." 
Quran Al-Ghasyiyah 25-26

Pikiran, kata-kata ataupun tindakan sekecil apapun akan di perhitungan-Nya.

وَنَضَعُ الْمَوٰزِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيٰمَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئًا ۖ وَإِنْ كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا ۗ وَكَفٰى بِنَا حٰسِبِينَ
"Dan Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari Kiamat, maka tidak seorang pun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan."
Quran Al-Anbiya 47

Tanggung jawab manusia seutuhnya kepada Allah. Apa pendapat manusia di dunia tak banyak berpengaruh terhadap perhitungan-Nya.

الَّذِينَ يُبَلِّغُونَ رِسٰلٰتِ اللَّهِ وَيَخْشَوْنَهُۥ وَلَا يَخْشَوْنَ أَحَدًا إِلَّا اللَّهَ ۗ وَكَفٰى بِاللَّهِ حَسِيبًا
"(yaitu) orang-orang yang menyampaikan risalah-risalah Allah, mereka takut kepada-Nya dan tidak merasa takut kepada siapa pun selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai pembuat perhitungan."
Quran Al-Ahzab 39

Al Hasib berarti juga Yang Maha Memadai. Allah ﷻ sanggup melaksanakan setiap kepercayaan yang diletakkan kepada-Nya. Sementara makhluk tidak akan sanggup melaksakanan tugas apabila semua dipercayakan kepadanya.

أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُۥ ۖ وَيُخَوِّفُونَكَ بِالَّذِينَ مِنْ دُونِهِۦ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُۥ مِنْ هَادٍ
"Bukankah Allah yang mencukupi hamba-Nya? Mereka menakut-nakutimu dengan sesembahan yang selain Dia. Barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah maka tidak seorang pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya."
Quran Az-Zumar 36

Sekalipun berurusan dengan mereka memiliki tindakan tidak bermartabat, takutlah kepada Allah ﷻ.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan