Asmaul Husna: Dhu’l Jalal Wa’l Ikram



Penguasa Keagungan dan Kemurahan

Allah adalah Pemilik Keagungan dan Kehormatan tertinggi. Allah menganugerahi manusia kehormatan, maka sudah selayaknya manusia menghormatiNya. Melaksanakan kewajiban kepadaNya adalah penghormatan manusia kepada Allah.




Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia. 
QS Ar Rahman 55:78

Allah adalah Pemilik Keagungan, Ketinggian dan Kehormatan tertinggi. Ini adalah rangkuman dari semua sifat mulia dari nama-nama Allah. Ikram (Kemuliaan) terdiri dari Kemurahan dan Kehormatan. Allah patut dihormati oleh makhluk yang diciptakan-Nya.



Hai orang-orang yang beriman, ruku'lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan. 
QS Al Haj 22:77

Allah juga telah menganugrahi manusia dengan kehormatan.



Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. 
QS Al Israa 17:70

Demikianlah nama Allah yang kita sebut dalam doa-doa kita.

"‏ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ ‏"
Setiap usai mengerjakan sholat, Rasulullah Shalallhu Alaihi Wassalam memohon ampunan kepada Allah tiga kali lalu berkata, “Ya, Allah, Engkau adalah Yang Maha Damai dan dari-Mu-lah datang segala kedamaian, berkahlah Engkau, Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.” Sahih Muslim.

Tuhan telah memberlakukan kewajiban-kewajiban moral tertentu, janganlah membatalkannya, Dia telah melarang hal-hal tertentu, janganlah mengasyikkan diri dalam hal-hal itu, Dia telah menetapkan batas-batas tertentu, janganlah melanggarnya, Dia membisu dalam hal-hal tertentu, maka janganlah dengan sengaja mempertengkarkan hal-hal itu. (Ad Darqutni)

JANGAN PERNAH MENGANGGAP DIRI KITA BEBAS DARI KEWAJIBAN MELAYANI ALLAH

Alhamdulillah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan