Pakaian Taqwa


Pakaian adalah anugrah yang diberikan Allahﷻ kepada manusia.  Ketaqwaan membuat manusia itu menjadikan pakaian sebagai penutup aurat yang melindungi tubuhnya. Ketaqwaan juga menjadi pakaian yang melindungi hati agar tidak terperosok ke dalam dosa.

Al Quran surat Al Araf 7:26
Bismillahi Rahmaani Rahiim

يٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوٰرِى سَوْءٰتِكُمْ وَرِيشًا  ۖ  وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌ  ۚ  ذٰلِكَ مِنْ ءَايٰتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ
"Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Dan pakaian taqwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat."
Shodaqollahul'adziim

Suatu hari khalifah Umar bin Khattab radhyallahu'anhu bertanya kepada seorang sahabat,  Ubay bin Ka'ab. Ubay adalah salah seorang dari empat orang Qori yang menjadi rujukan bacaan Al Qurannya di kalangan muslimin kala itu.

"Wahai Ubay, apa makna taqwa?"

Ubay yang ditanya justru balik bertanya. "Wahai Umar, pernahkah engkau berjalan melewati jalan yang penuh duri?" Umar menjawab, "Tentu saja pernah."

"Apa yang engkau lakukan saat itu, wahai Umar?" lanjut Ubay bertanya.

 "Tentu saja aku akan berjalan hati-hati," jawab Umar. Ubay lantas berkata, "Itulah hakikat taqwa."

Demikian jawaban Ubay,  sebagaimana firman Allahﷻ, pakaian taqwa adalah yang lebih baik. Taqwa ibarat pakaian yang akan membuat seorang selalu terlindung karena berhati-hati menjalani kehidupan dunia.  Allahu'alam.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan