Asmaul Husna: Al Lathiif


Al Lathiif - Maha Lembut

اللَّهُ لَطِيفٌۢ بِعِبَادِهِۦ
"Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya..."
QS. Asy-Syura 42: 19


Allah ﷻ bersikap lemah lembut kepada manusia. Dia menjaga mereka walaupun tak disadari. Allahﷻ  juga yang Maha Halus, terkadang cara-cara-Nya mengurus makhluk-Nya tidak kentara.  Adakalanya Allahﷻ merubah bencana yang menimpa dan menjadikannya kemudian keberkahan.

Nabi Yusuf alaihisalam mendapat berkali-kali musibah.  Namun kemudian setelah itu nabi Yusuf mendapat kejayaan.  Perkataan nabi Yusuf mengenai kebaikan Allahﷻ direkam dalam AlQuran.

وَرَفَعَ أَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوا لَهُ ۥ  سُجَّدًا  ۖ  وَقَالَ يٰٓأَبَتِ هٰذَا تَأْوِيلُ رُءْيٰىَ مِنْ قَبْلُ قَدْ جَعَلَهَا رَبِّى حَقًّا  ۖ  وَقَدْ أَحْسَنَ بِىٓ إِذْ أَخْرَجَنِى مِنَ السِّجْنِ وَجَآءَ بِكُمْ مِّنَ الْبَدْوِ مِنۢ بَعْدِ أَنْ نَّزَغَ الشَّيْطٰنُ بَيْنِى وَبَيْنَ إِخْوَتِىٓ  ۚ  إِنَّ رَبِّى لَطِيفٌ لِّمَا يَشَآءُ  ۚ  إِنَّهُ ۥ  هُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ
"Dan dia menaikkan kedua orang tuanya ke atas singgasana. Dan mereka (semua) tunduk bersujud kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata, Wahai ayahku! Inilah takwil mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Rabbku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Rabbku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara dan ketika membawa kamu dari dusun, setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara-saudaraku. Sungguh, Rabbku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."
QS. Yusuf 12 100


لَّا تُدْرِكُهُ الْأَبْصٰرُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصٰرَ  ۖ  وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
"Dia tidak dapat dicapai oleh pengelihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala pengelihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus, Maha Mengetahui."
QS. Al-An'am 6:103


Alllah mengetahui segala lintasan pemikiran.  Dia mengetahui rahasia-rahasia yang tersembunyi.

أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
"Apakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? Dan Dia Maha Halus, Maha Mengetahui."
QS. Al-Mulk 67:14


Takutlah kepada Allah dalam segala urusan kepada manusia.

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan