Menanti di Pintu Allah



Suatu kala, Fudayl bin Iyad, seorang pencuri yang menyatakan keislamannya, sedang berjalan ke masjid. Ia melewati sebuah rumah yang didalamnya ada seorang ibu yang sedang memarahi anak laki-lakinya. Lantaran kenakalan si anak, ibu sangat marah dan memukulnya. Si anak berteriak  dan berhasil membuka pintu lalu kabur. Masih dengan kesalnya, si ibu mengunci pintu rumah dari anaknya itu.

Ketika Fudayl pulang dari masjid, ia mendapati anak kecil tadi berbaring sesenggukan di depan pintu rumahnya. Mukanya sembab sehabis menangis. Ia hanya diam bersedih mengharapkan maaf dari ibunya. Tak berapa lama Fudayl lewat, hati si ibu telah lembut dan akhirnya membukakan pintu bagi anaknya itu.

Fudayl begitu tersentuh melihat pemandangan demikian. Ia dulunya adalah seorang pencuri. Bahkan saat ia telah menyatakan dirinya Islam, melaksanakan sholat dan puasa, Fudayl masih suka mencuri, terutama barang-barang dari rombongan orang dalam perjalanan.  Sampai suatu kali ia mendengar ayat Al Quran surat Al Hadid 16.

“Bukankah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka) dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah suatu masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.”  QS Al Hadiid 16

Fudayl menyadari kesalahannya. Ia jera dan benar-benar tobat. Ketika menyaksikan sang ibu membukakan pintu bagi anaknya, mata air Fudayl berlinangan. Bahkan air mata itu sampai membasahi jenggotnya.  Ia berkata:

“Subhanallah, kalau saja seorang hamba selalu sabar menanti di depan pintu Allah, Allah pasti akan membukakan pintuNya.”

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang tetap bersabar, Allah akan membuatnya sabar. Tak seorang pun menerima keberkahan lebih baik dan lebih besar daripada kesabaran.” (Shahih Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan