Asmaul Husna: Al Hakam



Al Hakam - Maha Mengadili

Allah Maha Mengadili,  Dia-lah yang akan memberi keputusan atas segala sesuatu di hari akhir nanti. 

وَلَا تَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلٰهًا ءَاخَرَ  ۘ  لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ  ۚ  كُلُّ شَىْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَهُ ۥ   ۚ  لَهُ الْحُكْمُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
"Dan jangan (pula) engkau sembah Tuhan yang lain selain Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Segala keputusan menjadi wewenang-Nya, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan."
(QS. Al-Qasas 28: Ayat 88)

Keputusan Allah tak bisa ditunda-tunda.  Apakah telah datang pengadilan-Nya di dunia,  ataukah ditangguhkan nanti di akhirat. 

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّا نَأْتِى الْأَرْضَ نَنْقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا  ۚ  وَاللَّهُ يَحْكُمُ لَا مُعَقِّبَ لِحُكْمِهِۦ  ۚ  وَهُوَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
"Dan apakah mereka tidak melihat bahwa Kami mendatangi daerah-daerah (orang yang ingkar kepada Allah), lalu Kami kurangi (daerah-daerah) itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; Dia Maha Cepat perhitungan-Nya."
(QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 41)

Apa yang belum diputuskan Allah kini,  maka hendaklah manusia bersabar. 

وَاتَّبِعْ مَا يُوحٰىٓ إِلَيْكَ وَاصْبِرْ حَتّٰى يَحْكُمَ اللَّهُ  ۚ  وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِينَ
"Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan. Dialah hakim yang terbaik."
(QS. Yunus 10: Ayat 109)

Keputusan Allah akan ditentukan di pengadilan hari akhir sebagai sesuatu yang seadil-adilnya.  Maka,  orang-orang yang percaya kepada Allah, pada hari itu akan aman. 

الَّذِينَ ءَامَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوٓا إِيمٰنَهُمْ بِظُلْمٍ أُولٰٓئِكَ لَهُمُ الْأَمْنُ وَهُمْ مُّهْتَدُونَ
"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk."
(QS. Al-An'am 6: Ayat 82)

Sebaliknya saat ini di dunia,  Allah telah menetapkan hukum-Nya dan tak patut manusia mengganti-gantinya. 

أَفَغَيْرَ اللَّهِ أَبْتَغِى حَكَمًا وَهُوَ الَّذِىٓ أَنْزَلَ إِلَيْكُمُ الْكِتٰبَ مُفَصَّلًا  ۚ  وَالَّذِينَ ءَاتَيْنٰهُمُ الْكِتٰبَ يَعْلَمُونَ أَنَّهُ ۥ  مُنَزَّلٌ مِّنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ  ۖ  فَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ
"Pantaskah aku mencari hakim selain Allah, padahal Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu secara rinci? Orang-orang yang telah Kami beri Kitab mengetahui benar bahwa (Al-Qur'an) itu diturunkan dari Tuhanmu dengan benar. Maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu."
(QS. Al-An'am 6: Ayat 114)

Keikhlasan dalam menerima keputusan atau ketetapan Allah di dunia adalah kunci menuju kemenangan pengadilan di hari akhir. 

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ ۥ ٓ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ  ۗ  وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۥ  فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا مُّبِينًا
"Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia telah tersesat, dengan kesesatan yang nyata."
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 36)

Timbanglah tindakan-tindakan di dunia sebelum tindakan itu ditimbang di neraca keadilan Allah di hari akhir. 

Alhamdulillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Taubatnya Sang Pencuri Kain Kafan